Cara Membuat Headline Copywriting yang Ampuh

Buatlah Headline / Judul tulisan yang ‘Bombastis’ yang Bisa Menarik Minat Audience Agar Tertarik dan Mau Membaca..

Terkadang ada sebagian orang yang mengabaikan bagian headline ini. Padahal sebetulnya headline ini sangat penting sekali karena bisa langsung catch the reader’s attention. Artinya sebelum masuk ke tahap ‘interest’ dalam body text, kita bisa ‘menembak’ perhatian lewat judul atau headline. Kurangnya interaksi pada tulisan sales yang dibuat salah satunya bisa saja disebabkan oleh tidak adanya headline, kalaupun ada biasanya karena tidak tepat pemilihannya. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa ‘Headline is Everything’ yang menjadi penentu apakah audience mau baca text selanjutnya atau tidak.

Bagaimana Cara Menulis Headline?

Selama ini teknik membuat headlines dengan bahasa copywriting biasanya digunakan dalam pembuatan sales letter ataupun juga sales page. Namun sebetulnya headline ini juga bisa digunakan dalam beberapa promotional tools lainnya eperti brosur, bahkan iklan di facebookpun penting sekali menggunakan headline ini. Headlines yang ditulis haruslah mencerminkan keunggulan utama dari produk, dan jangan sampai ada unsur penipuan atau ketidaksesuaian dengan apa yang ada dalam konten atau juga kualitas produk yang sebenarnya. Penulisan headline ciri utamanya adalah ada pada bagian atas. Adapun pilihannya bergantung pada fasilitas promotion media yang kita pilih; ada yang lewat penulisan khusus dan ada juga yang lewat judul.


Contoh-contoh Headline:

  • Headline dalam SalesPage:
Dibawah ini adalah contoh dari headline copywriting yang bisa anda gunakan pada saat akan membuat salesPage. Biasanya memang ini digunakan ketika anda menggunakan media website atau blog untuk menjual produk tertentu. Bagian headline ini sebaiknya mencerminkan beberapa hal tentang keunggulan Produk/Jasa yang bisa membuat orang tertarik prinsipnya adalah ‘CATCH the Reader’s Attention’.

  • Headline dalam Sales Letter Email
Selain itu promotion tools yang bisa anda gunakan dalam promosi adalah email. Dalam email, biasaya dikenal dalam istilah ‘sales letter’ atau surat penjualan. Surat penjualan memang ada beragam macamnya, namun yang paling direkomendasikan adalah sales letter yang menggunakan teknik ‘schematic structure’ yang baik, dan tidak lupa pada bagian headline.

Baca Juga

  • Headline dalam Promosi Facebook:
Media selanjutnya yang bisa digunakan untuk promosi adalah media social seperti facebook. Adapun tools of promotion yang bisa dipilih adalah direct marketing atau advertising. Jika kita ingin promosi yang gratisan, pilihlah direct marketing. Kalau anda ingin yang berbayar, anda bisa pilih tools advertising lewat facebook ads yang kini cukup popular. Ada banyak yang berpengaruh pada konversi penjualan, salah satunya adalah penggunaan teks promosi yang tepat yakni menggunakan teknik copywriting. Salah satu bagian pentingnya ada pada bagian headline atau judul. Gunakan headline judul yang memang bisa mengundang minat pada pengguna facebook yang melihat agar mau melihat konten yang ditautkan, contohnya:

Previous
Next Post »

2 komentar

19 Agustus 2017 00.12 ×

terimakasih untuk informasinya....
semoga sukses selalu...

Reply
avatar
penulis09
admin
19 Agustus 2017 02.17 ×

sama-sama gan..
Aamin,, Terima Kasih udah mampir.. :)

Reply
avatar