Trik Copywriting 5# Pilih Media Promosi yang Tepat

Asep Koswara | seppidealiz
0 Pembaca

Meski ada banyak media promosi yang bisa dipilih, pastikan pilih yang tepat agar tak banyak buang tenaga dan biaya

COPYWRITING #5

Di internet kita bisa menemukan banyak sekali media yang bisa kita gunakan untuk promosi. Beberapa diantaranya kita bisa menggunakan media situs web, banner iklan, iklan baris, marketplace, fan facebook, dan beberapa media yang lainnya. Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah media apa yang yang harus dipilih? Pastinya media yang tepat? Seperti apa media yang tepat itu? Media yang tepat itu adalah media yang memang potensial memiliki pangsa pasar yang sesuai dengan target yang kita inginkan berdasarkan produk atau jasa yang ditawarkan.

Kalau anda masih bingung, sebaiknya gunakan panduan ini saat akan mencari media promosi yang tepat. Berikut ini beberapa kriteria penting yang bisa dijadikan patokan:


  • Personal Websites


Generasi awal aktivitas bisnis termasuk marketing di internet diawali dari kemunculan situs website. Dulu situs websites bersifat personal sehingga ketika seseorang menjual produk tertentu, maka ia harus membuat situs blog atau web sendiri dulu. Setelah itu, baru kemudian bisa membuat list dan posting foto produk disertai deskripsi lainnya di dalam situs tersebut. Media promosinya adalah dengan mengandalkan tekni Search Engine Optimization (SEO) atau SEM.

  • MarketPlace Flatform


Media lain yang bisa digunakan untuk berjualan produk adalah marketplace flatform. Kemunculan dari MarketPlace dengan tujuan untuk memudahkan penjual dan pembeli melakukan transaksi serta menghindari beberapa kasus penipuan. Jika dulu system pasar itu dilakukan secara tradisional, nah kini setelah ada internet adalah yang dikenal ‘online marketplace’. Indonesia punya beberapa situs MarketPlace yang popular diantaranya ada BukaLapa, TokoPedia dan lainnya.

  • Social Media Websites


Lalu seiring berjalannya waktu, kini ramai dan muncul berjualan lewat media social. Pada mulanya media social ini hanya digunakan sebagai media komunikasi dan interaksi saja. Namun karena dianggap lebih mendekatkan banyak orang dan potensial untuk berjualan, lalu munculah fitur-fitur khusus dalam bentuk toko online. Beberapa diantara social media yang bisa digunakan berjualan diantaranya Facebook, Twitter dan Instagram.

  • Email


Promosi juga bisa dilakukan dengan menggunakan media email. Dalam hal ini, kemudian muncul yang disebut dengan email marketing, direct email dan lainnya.

Selain media diatas, masih ada banyak sebetulnya media lain baik yang gratis ataupun yang berbayar. Iklan promosi juga bisa dibuat dalam beberapa bentuk, dan akan dibahas dalam poin selanjutnya.

URL:
SyariahX adalah portal berita dan informasi seputar dunia ekonomi dan bisnis berlandaskan syariat islam. Kamu bisa mendapatkan update beragam informasi mulai dari bank, investasi, properti, asuransi, edukasi, fintech, wisata dan lainnya.

Artikel Terkait

Trik Copywriting 5# Pilih Media Promosi yang Tepat
4/ 5
Oleh