Trik Copywriting 3# Pelajari Market Psycology

Tetapkan target market atau pasar sasaran yang tepat dan tentunya potensial untuk memberi keuntungan besar serta bertahan lama bukan musiman.

COPYWRITING #3

Selain menentukan target market, kita juga diharuskan untuk mempelajari market psycology. Bahkan psikologi market ini memiliki peranan yang sangat penting terhadap kesuksesan produk atau jasa yang akan kita jual. Dengan arti kata lain, pemilihan target market sebelumnya diperkuat dengan pemahaman akan psikologi pasar.

Apa itu Market Psycology?

Sebagian dari kita mungkin masih ada banyak yang belum paham apa itu psikologi pasar.   Padahal ilmu tentang psikologi pasar itu sudah lama dibahas dalam dunia ekonomi. Adapun pengertian dari psikologi pasar itu sendiri adalah:

“The overall sentiment or feeling that the market is experiencing at any particular time. Greed, fear, expectations and circumstances are all factors that contribute to the group's overall investing mentality or sentiment.” (Investopedia.com)

Dalam Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan market psycology adalah keseluruhan sentimen atau perasaan yang terjadi dalam pasar. Keserakahan, ketakutan, harapan dan kondisi lainnya adalah faktor-faktor yang berkontribusi terhadap keseluruhan mentalitas investasi kelompok atau sentiment.

Kenapa Market Psycology itu Penting?

Ya, psikologi pasar itu memang menjadi sesuatu hal yang sangat penting. Ini bisa menjadi salah satu bahan untuk membaca fenomena atau kondisi yang terjadi di pasar. Kita bisa melihat banyak kondisi tertentu yang nantinya akan berdampak pada perubahan arah teknik promosi, penguatan strategi promosi dan lainnya yang berhubungan dengan penjualan yang kita lakukan dalam pasar. Hal yang harus diwaspadai dalam psikologi market ini adalah tentang perubahan disamping setiap target pasar memiliki ciri khas.

Bebeberapa Fakta Market Psikologi


  • Topologi Market Indonesia didominasi kalangan menengah kebawah.

  • Target market anak muda cukup potensial dalam interaksi promosi, namun lemah dalam hal konversi karena mereka belum berpenghasilan.

  • Konsumen atau pelanggan di Indonesia lebih banyak / suka nanya dan menawar harga.

  • Wanita/ibu-ibu adalah kelompok yang mendominasi dan sering melakukan belaja termasuk belanja online.

  • Banyak konsumen yang suka pada sesuatu yang berbau ‘PROMO’ dan ‘Diskon’, dll


Masih banyak market psikologi yang bisa kita pelajari dan pahami dengan baik. Hal itu akan memudahkan kita dalam memilih produk serta melakukan upaya strategi promosi yang tepat serta jitu.

Previous
Next Post »

1 komentar:

18 Agustus 2017 19.19 ×

[…] Setelah anda menetapkan target market, nah hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan mempelajari market psikologi. Anda harus benar-benar dengan baik mempelajari tentang market psikologi tersebut karena dengan begitu anda bisa mengetahui bagaimana perilaku konsumen anda. Dengan mengetahui perilaku mereka, maka anda bisa menyusun strategi marketing yang tepat dalam promosi. Hal itu bisa dijadikan bahan untuk anda menyusun copywriting yang benar-benar ampuh dan hebat. Tak banyak yang bisa dan mau meluangkan waktu untuk mempelajari hal ini, nah penjelasan detail anda bisa baca disini. […]

Congrats bro Trik Copywriting Ampuh untuk Promosi Bisnis Anda - Blogger Penulis | Belajar Nulis, Review & Marketing you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar