Trik Copywriting 1# Pahami Masalah Konsumen

 

Pahami masalah konsumen dan ketahui solusi yang mereka butuhkan. Ini akan menjadi salah satu cara untuk anda bisa mendapatkan peluang untuk menciptakan, menawarkan dan menjual produk/jasa tertentu..

COPYWRITING #1

Salah satu syarat penting sebelum proses ‘selling’ itu dilakukan adalah bagaimana caranya agar produk atau jasa yang akan dijual bisa ‘overcome the problem’. Artinya bisa menjadi solusi atas apa yang dibutuhkan oleh banyak orang di masyarakat. Kita belum bisa memilih produk dan jasa sebelum kita paham apa sebetulnya yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Nah setelah kita paham akan apa yang dibutuhkan oleh konsumen, baru kemudian kita mengambil kesempatan/peluang untuk membuat dan menciptakan produk atau jasa yang dibutuhkan itu.

“The opportunity is always lies on in the place of the other complaint’’ Jack Ma (Peluang/kesempatan selalu ada atau muncul dalam setiap komplain orang lain)

Kalaupun sudah terlanjur memiliki produk atau jasa tertentu yang ditawarkan, maka anda lakukan evaluasi dengan memahami semua permasalahan itu terlebih dahulu. Hal itu dilakukan dengan tujuan agar kita bisa memiliki target pasar yang jelas, pangsa pasar yang jelas, dan langkah yang tepat untuk memasarkannya. Pemahaman akan masalah itu juga bisa menjadi salah satu modal utama yang perlu diperhatikan saat kita akan menggunakan teknik copywriting dalam promosi yang kita lakukan.

Pemahaman itu bisa kita dapat dari hasil observasi atau survey tentang fakta di Lapangan yang terjadi saat ini. Ada beberapa kasus complain biasanya yang disampaikan oleh banyak konsumen baik tentang masalah yang mereka butuh selesaikan atau juga mengenai pengalaman buruk mereka beli sesuatu secara online namun tidak sesuai dengan harapan:

Contoh Masalah:

  • Pengen beli baju tapi males keluar rumah

  • Pengen Makan enak tapi di luar hujan

  • . Tubuh saya makin gemuk nih

  • Ko, aku gak tinggi-tinggi ya?

  • Istriku gak puas kayanya, aku-nya loyo terus

  • Pengen Jualan online, tapi gak Punya web

  • Web-ku gak popular, Aku gak ngerti SEO


Setiap ada masalah, sebetulnya disitu ada peluang untuk kita membantu masalah itu. Semakin banyak orang dengan masalah yang sama, maka semakin besar peluang kita untuk bisa  meraih penghasilan dari membantu masalahnya. Sebaiknya tujuan dari jualan itu adalah untuk membantu pembeli mendapatkan produk atau jasa terbaik yang bisa menyelesaikan masalah mereka.

Dengan memahami permasalahan konsumen ini, kita akan tahu apa yang dibutuhkan oleh mereka. Selain itu, pemahaman ini akan membawa kita pada kemudahaan saat akan membuat konten ad copy yang berkualitas serta mendalam nantinya.

Artikel Terkait

Trik Copywriting 1# Pahami Masalah Konsumen
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email