Apa Itu Closing dan Kenapa itu Penting?

Setelah diatas kita memabahas tentang konsep selling secara umum (general), kini kita masuk pada pemabahasan tentang konsep dan teori ‘closing’. Ya, closing adalah bagian penting dari proses selling sebagaimana yang dijelaskan dalam teknik selling sebelumnya. Ada juga yang mengatakan kalau closing itu adalah bukti kalau kita berhasil menjual dan mendapatkan keuntungan.

apa itu closing

What is ‘Closing’?

Pertama-tama kita bahas dari segi pengertian tentang apa itu closing. Closing adalah bagian dari proses selling yang menjadi titik tolak keberhasilan sebuah penjualan. Sebuah proses penjualan belum dikatakan berhasil kalau belum ada ‘closing’. Atau tingkat kesuksesan sebuah perusahaan, toko, salesman, marketer, dan lainnya adalah ditentukan oleh seberapa banyak dia menjual produknya.

Namun demikian, ada konsep closing yang sebaiknya dipegang dan dijadikan acuan oleh para pelaku penjualan. Apa itu? ‘’ Closing is the process of helping people make decisions that are good for them.” Artinya, closing adalah sebuah proses membantu orang untuk memutuskan sesuatu hal yang bagus untuk mereka. Artinya jangan sampai ada anggapan ‘asal closing’ saja. Ini juga harus diperhatikan sejak pemilihan produk yang akan dijual yakni haruslah yang memang baik untuk para pembeli nantinya.

Kenapa ‘Closing’ itu Sangat Penting?

Kalau ada yang bertanya kenapa closing itu penting, jawabannya adalah ‘karena tanpa closing tidak akan ada penjualan.’ Sederhananya ‘buat apa kita lakukan cosument approach, determine the needs, present product dan lainnya, kalau tak ada yang beli. Apapun teknik penjualan yang kita jalankan, pada akhirnya tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan keuntungan (laba) dari closing (terjadinya transaksi penjualan dengan pembeli). Namun sebagaimana disebutkan diatas, jangan ada istilah ‘asal closing’ saja. Sebaiknya jual produk berkualitas atau berikan servis yang memuaskan agar pembeli anda puas sehingga ada kemungkinan untuk menjadi pelanggan tetap dan akan ada banyak ‘repeat order’ nantinya.

Previous
Next Post »