Apa Bedanya Selling dan Marketing?

- 05.07
Selain sering mendengar kata ‘selling’, kita juga sering mendengar istilah ‘marketing’. Apakah kedua kata itu memiliki perbedaan arti ataukah sama? Terkadang selama ini, kita menyamakan maksud dari kedua ‘kata’ tersebut padahal sebetulnya berbeda. Ada ungkapan ‘Selling is marketing but marketing is not always selling’. Jelas, ‘selling’ itu bagian dari ‘marketing’ sedangkan marketing tidak hanya melulu tentang ‘selling’. Artinya Marketing itu lebih luas cakupannya karena berhubungan dengan pengaturan pasar (market), sedangkan selling hanya sebatas menjual saja (sell). Namun demikian perlu diketahui bahwa ‘Selling adalah Ujung Tombak dari Marketing’

Selling di Era Baru Digital

Kini kita hidup di era modern dimana banyak hal dilakukan dengan menggunakan media digital. Dengan istilah lain bisa dikatakan bahwa dunia digital ini telah membawa dan memberi banyak perubahan pada aktivitas manusia. Apa saja? Ada banyak hal yang dulunya dilakukan secara langsung face to face, kini cukup dilakukan dengan mudah dengan menggunakan media internet termasuk dalam aktivitas bisnis dan penjualan

Dalam dunia penjualan atau selling, media digital ini telah memberikan banyak keuntungan dan kelebihan yakni  memudahkan semua proses promosi dan juga transaksi menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam hal promosi, media ini bisa menekan biaya yang harus dikelurkan. Namun demikian perubahan pangsa pasar juga harus diperhatikan dengan baik karena memang akan berpengaruh pada penerapan teknik dan strategi selling.

Teknik dan Pola Selling Modern

Teknik dan strategi selling yang diterapkan dalam proses penjualan berbasis digital tentunya memiliki perbedaan dengan yang sering dilakukan dalam penjualan secara langsung. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, dimodifikasi dan ditambahkan teknik-nya. Semua itu pastinya menyesuaikan dengan kondisi dan juga psikologi konsumen di era baru ini.

Baca Juga


Kemunculan era baru ini sebaiknya disikapi dengan seksama oleh para pelaku marketing. Perkembangan bisnis memang selalu dinamis dan cepat berubah. Mereka yang bertahan adalah yang mampu menyeimbangkan dan mengikuti semua proses perubahan era tersebut. Karenanya dibutuhkan kemauan untuk mau melihat fakta di lapangan dan belajar kembali hal-hal baru yang sebelumnya belum sempat dipelajari karena belum terjadi demikian.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search