7 Teknik Selling yang Terbukti Ampuh

Dalam selling ada beberapa pola dan teknik selling yang biasa digunakan bahkan bertahan sampai saat ini. Beberapa diantaranya cukup popular dan beberapa lainnya tidak begitu banyak digunakan. Atau dalam teknik selling biasanya bersipat berkesinambungan dan saling mempengaruhi.

Untuk mengetahui teknik selling, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu proses dari selling itu sendiri. Setelah tahu proses selling, maka kita juga akan tahu tekniknya. Teknik biasanya diterapkan dan berada dalam tiap-tiap proses selling itu sendiri. Sebetulnya ada banyak sekali teori yang menyebutkan tahapan-tahapan dalam teknik selling, namun setidaknya kalau coba diringkas dari banyak pendapat, berikut ini ‘’Steps of the Sale’’ secara umum:

  1. Approach the Customers
Sebelum mulai menjual sesuatu, kita diharuskan untuk mendekati konsumen terlebih dahulu. Pendekatan pada konsumen ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik dan potensi dari pasar. Dalam melakukan pendekatan ini, anda bisa gunakan beberapa teknik.
  1. Determine the Needs
Dalam melakukan pendekatan terhadap konsumen, kita juga sebaiknya sambil mencari tahu tentang apa yang diibutuhkan oleh konsumen. Ada dua pilihan dalam selling; menjual sesuatu yang dibutuhkan oleh konsumen atau menjual sesuatu agar konsumen beli. Mana yang lebih bagus?
  1. Present the Product
Setelah kita mengetahui apa yang memang dibutuhkan oleh konsumen, selanjutnya yang harus kita lakukan adalah menyediakan apa yang Dibutuhkan tersebut. Dengan kata lain, kita bertugas sebagai penyedia apa yang dibutuhkan itu baik dalam bentuk barang (goods) ataupun jasa (service).


Baca Juga

  1. Overcome objection
Dalam menyediakan apa yang dibutuhkan sebaiknya tidak asal menyediakan kebutuhan tersebut akan tetapi lebih baik jika apa yang kita sediakan itu bisa mengatasi masalah konsumen. Artinya kita menyediakan sesuatu yang memang dibutuhkan untuk mengatasi beberapa masalah dari para calon konsumen khususnya yang terjadi di masyarakat.
  1. Suggest sell
Setelah semuanya sudah siap, maka hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menyarankan orang-orang untuk membeli produk yang anda tawarkan itu. Kita menawarkan produk tersebut agar banyak orang mau membeli produk tersebut. Tentu itu dilakukan dengan memperhatikan beberapa teknik penjualan. Nah, sebetulnya teknik suggest sell ini juga nanti akan banyak dibahas dalam closing karena punya hubungan yang sangat erat,
  1. Close the sale
Tingkat keuntungan dari sebuah proses selling adalah di close the sale. Artinya kita hanya akan dapat keuntungan berupa uang kalau kita berhasil menjual. Dengan kata lain, kita untung kalau ada yang beli. Percuma kita punya banyak target market dan consumer kalau yang beli sedikit. Dalam hal closing, caranya tidaklah mudah karena memang ada beberapa teknik khusus yang bisa kita lakukan dan praktekan sebagaimana akan lebih focus dibahas dalam tulisan-tulisan di halaman berikutnya.
  1. Build Relationship
Setelah close the sale, sebaiknya kita tidak membiarkan orang-orang yang telah beli dari kita ‘lolos’ atau bebas. Artinya kita masih tetap harus memfollow-up nya karena bisa saja berpotensi untuk mendapatkan pembelian berikutnya. Dengan kata lain, kita bisa membangun hubungan dengan para pembeli tersebut sehingga bisa menjadi pelanggan tetap kita.

Demikian konsep ‘selling’ secara teori dan fakta kondisi yang terjadi saat ini. Dengan memahami konsep diatas, diharapkan kita bisa menjadikannya sebagau bahan pemahaman dan juga persiapan ‘practical action’ dalam penjelasan selanjutnya.

Previous
Next Post »