STP: Titik Tumpu Strategi Marketing Modern

Kali ini saya ingin share tentang teori marketing tepatnya tentang pengertian segmenting targeting positioning. Ya, sekarang kita tengah hidup di era modern, maka dari itu semua teknik marketing yang harus kita jalankan juga tentu yang sudah modern. Tak perlu lagi menggunakan teknik klasik karena sudah barang tentu akan ketinggalan jaman atau tidak layak lagi untuk digunakan. Nah, kali ini dibawah ada penjelasan mengenai konsep strategi marketing modern.

Pengertian segmenting targeting positioning

Apa Teknik Marketingnya?


Tekniknya adalah yang selama ini sering disebut dengan STP. Apa itu STP? Itu adalah singkatan dari Segmenting, Targeting dan Positioning. Apa maksud dari istilah-istilah itu? Oke, akan saya jelaskan dibawah ini poin per poin agar bisa dimengerti dengan mudah.



Pengertian Segmenting Targeting Positioning


Segmenting / Segmentasi Pasar


Jika kita akan menjalankan proses marketing, maka secara umum kita harus memiliki pasar dimana produk atau jasa yang akan kita jual itu akan dipasarkan. Nah, dalam hal ini kita mengetahui bahwa karakteristik dari pasar itu biasanya heterogen, maka dari itu kemudian dalam proses segmenting, kita harus berusaha membagi pasar menjadi beberapa kelompok tertentu yang memiliki potensi daya beli.

Targetting / Menentukan Target Pasar


Kemudian setelah kita membagi pasar kedalam beberapa kelompok pasar, maka langkah selanjutnya adalah menetapkan salah satu kelompok yang sesuai. sesuai dengan apa? Tentu harus sesuai dengan produk yang akan kita jual. Kita tidak boleh menjual produk kepada target pasar yang kiranya tidak sesuai dan tidak berpotensi untuk menjadi pembeli apalagi pelanggan.

Positioning /Penempatan Pasar


Nah yang terakhir adalah bagaimana kita berusaha untuk menempatkan produk atau jasa yang kita jual di mata dan hati pembeli. Para pembeli bukan hanya mencoba membelinya satu kali, namun harus bisa menjadi pelanggan yang akan terus order kepada kita. Nah, dalam positioning ini, anda harus bisa membuat sesuatu yang berbeda difference serta memberikan sesuatu yang lebih kepada pembeli.




Dengan menerapkan tiga strategi diatas, sebetulnya sudah menjadi konsep umum yang bisa dengan mudah dipraktekan. Akan tetapi dalam prakteknya, kita harus paham bahwa memecahkan masalah pasar bukanlah hal yang mudah. Dengan kata lain, market biasanya sangat komplek dan ada banyak hal yang menjadi faktor atau mempengaruhi.

 

Artikel Terkait

STP: Titik Tumpu Strategi Marketing Modern
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email