Teknik Menjaring Data Email Visitor Web dengan Opt-in ‘Menjebak’


Hallo.. Sekarang jam 23:46 dan saya akan memulai menulis tentang cara list building email atau teknik menjaring data email visitor dengan teknik penggunaan opt-in. Saya kebetulan masih diberikan kesempatan hidup oleh tuhan dan masih bisa nulis atau share informasi..

Oke langsung saja. Berbicara tentang visitor di blog atau lainnya, sangat sayang kiranya jika tidak dijadikan sebagai salah satu cara untuk meraup keuntungan.. artinya dengan list building, mereka yang datang ke situs web baik blog, toko online, situs perusahaan dan lainnya bisa menjadi target market anda yang benar-benar tertarget lho..

Kok Bisa?

Ya, orang-orang yang berkunjung ke situs web atau blog anda kebanyakan memang memiliki ‘interest’ atau ketertarikan pada sesuatu yang ada di web dan blog anda itu. Nah, kalau memang situs web anda itu jualan atau akan digunakan untuk jualan, maka perlu untuk anda mengetahui data mereka salah satu yang paling mudah adalah email..

Sekilas Tentang List Building

Ini sebetulnya disebut dengan istilah teknik list building dengan menjaring email sebagai target-nya. Dengan mengumpulkan data email visitor anda, maka di kemudian hari anda bisa menghubunginya kembali untuk menawarkan sebuah produk, jasa atau sekedar menginformasikan bahwa ada update terbaru di situs anda.

Teknik ini memang cukup simpel dan tidak memaksa. Artinya setiap orang yang berkunjung ke situs web atau blog anda, dia tidak tidak dipaksa untuk memasukan email namun secara sukarela memasukannya kedalam opt-in yang sudah dibuat..

Kenapa Harus List Building Email?

Nah yang kemudian selanjutnya menjadi pertanyaan adalah mengapa harus data email.. Tentu ada beberapa alasan tertentu kenapa harus menggunakan email, beberapa diantara alasan tersebut adalah sebagai berikut:
  • Email adalah akun utama dari semua akun
  • Orang akan cek email secara berkala
  • Email mereka jarang yang diganti
  • Potensial untuk penjualan
Nah sebetulnya metode penjualan dengan email ini adalah yang paling tua. Dari dulu sampai sekarang, masih tetap digunakan dan hasilnya memang masih tetap menjanjikan. Terlebih ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menciptakan pelanggan.

Apa yang Harus Disiapkan?

Sebelum mulai pada pembahasan teknik, ada beberapa hal yang harus coba dipahami terlebih dahulu. Hal yang paling utama tentu adalah mengenai persiapan apa saja yang harus dibeli dan disiapkan. Beberapa diantaranya adalah:
  • Situs web dan blog
  • Gunakan Plugin Opt-in (Genesis eNews Extended, MailChimp, dll)
  • Kreasikan CTA yang unik dan menjebak..

Bagaimana Membuat CTA ‘Menjebak’ Itu?

Nah ini adalah pembahasan intinya yakni membuat CTA yang menjebak. Hal yang harus kita pahami bahwa setiap orang sangat menyukai yang namanya sesuatu hal unik. Nah sudah sebaiknya anda ketahui hal itu dengan baik. Kalau kita hanya menggunakan CTA yang sama dengan kebanyakan orang gunakan, maka itu kurang greget..

Kalau anda ingin membangun list building email yang bisa menjaring banyak orang untuk subscribe, maka buat kreasi pada CTA dan offersnya.. Offers sebetulnya boleh standar, namun yang paling utama adalah ada pada bagian kata-kata di CTA ini..

Baca Juga

Contoh yang biasa:
Mau langganan Newsletter
Masukan Email Anda!
Ya
No, Thank
Contoh yang Menjebak:
Ingin Omset penjualan anda meningkat..??
Masukan email untuk menerima beragam informasi marketing terupdate!
Ya, saya mau omset meningkat
Tidak, saya tidak mau omset meningkat
Nah itulah sebetulnya teknik list building email yang ingin saya sampaikan untuk anda. Sebetulnya untuk contoh, masih banyak contoh yang lainnya yang bisa anda gunakan. Pilih dan sesuaikan dengan offers yang ingin anda berikan kepada visitor anda.. Pembahasan detail tentang email marketing, akan saya tulis dalam artikel-artikel selanjutnya..

Selamat malam, sampai jumpa.. #Tidur dulu sudah ngantuk..

Previous
Next Post »