Penulisan Gelar Sarjana Teknik Dalam dan Luar Negeri

Bagi yang sedang atau baru akan kuliah di jurusan teknik, ada baiknya mengetahui bagaimana cara penulisan gelar sarjana teknik yang baik dan benar. Ya, gelar merupakan salah satu title kehormatan yang diberikan kampus atau universitas terhadap seseorang yang baru saja menyelesaikan jenjang pendidikan. Adapun jenjang pendidikan yang tersedia biasanya mulai dari tingkatan sarjana (S1), magister (s2) dan doktor (s3). Ketiga jenjang itu memiliki gelar akademik yang berbeda sebagai pembeda jenjang juga.

penulisan gelar sarjana teknik

Tentang Jurusan Teknik


Ketika berbicara jurusan teknik, sebetulnya itu cukup general karena penulisan gelar sarjana teknik tidak hanya mencakup itu saja. Jurusan teknik itu hanya sebatas kelompok studi secara keseluruhan saja, sementara didalamnya ada banyak konsentrasi dan juga minat yang tersedia. Anda bisa memilih, jurusan teknik sesuai dengan apa yang anda inginkan. Beberapa jurusan teknik yang selama ini tersedia diantaranya adalah:

  • Teknik komputer

  • Teknik informatika

  • Teknik elektro

  • Teknik industri

  • Teknik pertambangan, dll


Penulisan Gelar Sarjana Teknik


Perihal penulisan, tentu dibedakan apakah gelar tersebut didapatkan dari dalam negeri atau dari luar negeri. Jika didapatkan dari dalam negeri, tentu biasanya akan berbeda dengan jika gelar tersebut didapatkan dari luar negeri.

  • Penulisan Gelar Dalam Negeri


Untuk penulisan gelar teknik dalam negeri biasanya dibedakan oleh jenjang pendidikan yang diambil. Tentu seperti disebutkan diatas bahwa gelar untuk sarjana, magister dan doctor memang berbeda.


--Sarjana Teknik (ST) ditulis dibelakang nama Andrian Saputra, ST


--Magister Teknik (MT) ditulis dibelakang nama Andrian Saputra, MT


--Doktor Teknik (Dr) ditulis depan nama Dr. Andrian Saputra




  • Penulisan Gelar Luar Negeri


Nah sementara itu untuk penulisan gelar teknik yang berasal dari luar negeri, cara penulisannya berbeda dengan yang ditulis di dalam negerti. Penulisannya dengan menggunakan Bahasa inggris sebagai acuannya.


--Bachelor of Enginering (B.Eng) ditulis dibelakang nama Andrian Saputra, B.Eng


--Master of Enginering (M.Eng) ditulis dibelakang nama Andrian Saputra, M.Eng


--Philosopy the Doctor (PhD) ditulis dibelakang nama Andrian Saputra, PhD


Nah itulah diatas beberapa cara penulisan yang berbeda baik dalam maupun luar negeri. Semoga beberapa cara penulisan gelar sarjana teknik bisa bermanfaat.

Previous
Next Post »