Pemilihan Nama Blog yang Bagus, Bagaimana Seharusnya?

Hi guys, kali ini saya akan menulis blog tentang nama blog yang bagus. Ada banyak blogger pemula yang memang masih bingung dalam menentukan nama blog yang akan mereka isi konten dan kembangkan kemudian. Tak sedikit juga diantara mereka yang kemudian sadar bahwa nama blog yang mereka pilih itu ternyata tidak sesuai dengan apa yang seharusnya.. padahal sudah banyak konten yang tersedia, sehingga sayang jika harus memulainya dari awal..

Pastikan dan Yakinkan dari Awal..

Pemilihan nama blog yang bagus bisa dikatakan sebagai hal yang cukup penting untuk diperhatikan sebelum blog itu dibuat. Pemilihan nama memang menjadi hal yang begitu esential karena kemudian hal ini akan menentukan image blog kedepannya. Meski kontennya banyak dan bagus, akan tetapi jika nama blognya tidak bagus, maka biasanya tidak akan begitu populer.

Persiapan Sebelum Menentukan nama blog yang bagus

Sebelum kamu menentukan nama domain yang bagus, ada beberapa hal persiapan terlebih dahulu yang harus diperhatikan. Dengan memperhatikan semua itu, maka anda akan tahu betul apa sebetulnya yang menentukan pemilihan nama itu. Jelas, pemilihan nama harus disesuaikan dengan target kita dalam konten yang akan dipublish di blog tersebut. Dengan kata lain, ada baiknya kalau memang nama blog itu mencerminkan konten secara keseluruhan.

Proses Selanjutnya

Selanjutnya dalam memilih nama yang bagus, ada beberapa tahapan proses yang harus dilakukan. Beberapa tahapan tersebut akan dijelaskan dalam beberapa poin berikut dibawah, silahkan pahami dengan baik poin per poinnya..
  • Pilih Provider Domain
Ada banyak provider nama domain yang bisa anda pilih baik lokal atau luar. Jika anda pilih luar, maka pembayaran dilakukan adalah menggunakan mata uang dollar. Ketahui juga bahwa domain itu diperpanjang tiap tahun. Pastikan untuk memilih yang pas dan sesuai serta bisa sesuai dengan harga yang normal.
  • Pilih Hosting yang Bagus
Setelah anda memilih nama domain di provider domain, anda kemudian anda harus memilih provider hosting juga. Hosting digunakan untuk menyimpan beragam data yang anda buat dalam bentuk konten dalam blog anda. Pilih juga yang sesuai dengan budget keuangan karena ini diperpanjang setiap tahun.
  • Pilih template yang Repsonsif
Tahapan selanjutnya adalah dengan memilih template yang memang cukup bagus dan responsif. Pastikan juga agar template yang anda pilih itu memiliki fitur mobile friendly karena itu sangat penting mengingat kebanyakan orang yang mengakses internet saat ini adalah dari perangkat mobile.
  • Instalasi dan Customisasi
Hal yang kemudian perlu dilakukan adalah instalasi antara domain, hosting dan template. Anda juga perlu melakukan beberapa penyesuaian tertentu sehingga tampilan blog anda terlihat lebih profesional.

Brand Domain dan Keyword Domain

Sebetulnya ada dua jenis nama domain untuk blog dan lainnya yang bisa anda lakukan yakni brand domain dan juga domain based keyword. Mana yang lebih bagus? Keduanya memang bagus disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau tujuannya adalah untuk membidik kata kunci untuk kebutuhan search engine optimization (seo), maka keyword based on domain adalah yang cocok untuk dipilih.

Sementara itu bagi anda yang ingin mengembangkan blog anda itu dalam jangka waktu lama sehingga menjadi brand, maka brand domain adalah yang paling cocok untuk dipilih sebagai pilihan dari cara memilih nama blog yang bagus dan tepat.

Artikel Terkait

Pemilihan Nama Blog yang Bagus, Bagaimana Seharusnya?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email