Format Penulisan Gelar Amd yang Benar

Asep Koswara | seppidealiz
0 Pembaca

Ada banyak jenis penulisan gelar amd yang bisa kita jumpai selama ini. Kita terkadang bingung mana yang benar dan apa saja maksudnya. Nah, agar sobat tidak bingung memahami beberapa jenis penulisan gelar untuk jenjang Amd itu, maka disini saya akan share beberapa jenis gelar Amd beserta spesialisasi keilmuannya.

penulisan gelar amd

Apa itu Amd?


Amd adalah singkatan dari ‘ahli madya’ yakni sebuah gelar yang diberikan kepada seseorang yang telah selesai menempuh pendidikan D3. Ini merupakan sebuah pendidikan yang singkat biasanya hanya sekitar 3 tahun saja. Pendidikan ahli madya ditekankan pada praktek agar lulusannya bisa siap bekerja sehingga pendalaman materi tidak begitu dikedepankan melainkan praktek langsung.

Baca Juga: cara penulisan gelar mba

Beragam Penulisan Gelar Amd


Nah, ada beberapa jurusan pendidikan yang menyediakan pendidikan Amd ini sehingga ada banyak juga gelar Amd yang diberikan. Biasanya untuk membedakan jenis pendidikan yang diselesaikan, di akhir gelar dibubuhkan keterangan tertentu yang menunjukan jenjang pendidikan yang telah ditempuh. Nah, untuk membantu sobat mengetahui, gelar apa saja yang selama ini banyak digunakan pada Amd, berikut diantaranya:

  • A.Md.Keb


Ini adalah sebuah gelar ahli madya yang diberikan kepada seseorang yang selesai menempuh pendidikan diploma dalam bidang pendidikan bidan.




  • A.Md.Kep


Hampir sama dengan yang diatas, gelar ahli madya yang satu ini biasanya diberikan kepada seorang yang telah selesai menempuh pendidikan bidang keperawatan.




  • A.Md.Pd


Nah untuk yang menempuh bidang pendidikan diploma dengan core course pendidikan, maka gelar A.Md.Pd adalah yang akan diperoleh. Namun sekarang, minimal pendidikannya biasanya harus Sarjana (s1) untuk tenaga pendidik.




  • A.Md.Par


Lalu gelar yang satu ini, biasanya diberikan kepada yang mengikuti pendidikan diploma dalam bidang ilmu kepariwisataan.




  • A.Md.Ak


Gelar Amd yang satu ini diberikan kepada yang sudah berhasil menyelesaikan pendidikan dalam bidang akutansi.




  • Md.Kom


Bagi yang menempuh pendidikan diploma dalam bidang komputer, ini adalah gelar yang akan mereka dapatkan.




  • Md.Far


Nah, yang kuliah dalam bidang diploma dengan fokus kajian farmasi, maka inilah gelar yang cocok dan akan diperoleh nantinya.




  • A.Md.KG


Ini adalah gelar khusus yang diberikan kepada seorang ahli kesehatan gigi yang telah menempuh pendidikan diploma 3.


Nah, diatas adalah beberapa list utama yang selama ini sering kita dengar dan lihat dari penulisan gelar amd.

URL:
SyariahX adalah portal berita dan informasi seputar dunia ekonomi dan bisnis berlandaskan syariat islam. Kamu bisa mendapatkan update beragam informasi mulai dari bank, investasi, properti, asuransi, edukasi, fintech, wisata dan lainnya.

Artikel Terkait

Format Penulisan Gelar Amd yang Benar
4/ 5
Oleh