Tips dan Cara Menulis Artikel Blog agar Enak Dibaca

Hallo.. kali ini saya akan mencoba menulis dan menjelaskan tentang langkah-langkah menulis artikel di blog. Tahu kan blog? Ya, kalau anda ada di halaman ini, pastinya sudah tahu apa yang dimaksud dengan blog. Blog biasanya dihubungkan erat dengan situs website, benarkan itu sama? Nah, inilah yang selama ini seringkali salah persepsi. Sebetulnya ada perbedaan antara blog dan website. Blog itu adalah tulisan yang diposting dalam sebuah situs dan biasanya bahasanya adalah bahasa yang bukan formal melainkan penjelasan berdasarkan persepsi yang ringan..

Cara Penulisan Artikel Blog

Tujuan dari blog adalah untuk merefresentasikan apa yang ada dalam pikiran terhadap sebuah hal yang kemudian muncul persepsi. Dengan kata lain bisa dikatakan kalau tulisan blog itu lebih personal biasanya meski menggunakan data sebagai pendukung. Namun data tersebut hanya digunakan sebagai pendukung saja atau juga sebagai sesuatu yang kemudian diulas dan dikupas tuntas dalam tulisan blog.

Saat kita akan menulis blog, maka ada baiknya kalau kita paham bagaimana cara menulis blog yang baik itu. Tulisan yang kita tulis sebaiknya memang bisa dibaca oleh banyak orang dan mereka yang membacanya merasa nyaman dan enak. Nah, untuk menulis artikel yang seperti itu, maka dibutuhkan beberapa tips, cara dan juga panduan yang benar.



Baca juga: Trik Menulis Artikel Promosi yang Efektif

Cara Menulis Artikel Blog yang Sesuai Prosedur


Karena target anda menulis itu adalah agar banyak dibaca oleh masyarakat, maka tulisan yang dibuat tentu harus enak juga untuk dibacanya. Ada beberapa cara sebetulnya yang bisa kita lakukan agar tulisan yang kita buat itu enak dibaca dan tentu akan bermanfaat untuk siapapun yang membacanya nanti:

  • Pahami Topik


Sebelum anda menulis blog, anda pastinya memiliki topik tertentu yang ingin anda tulis. Nah, pastikan kalau anda paham akan topik yang akan anda tulis itu. Jika belum paham, ya cara terbaiknya adalah mencari banyak sumber terlebih dahulu dan jadikan sumber-sumber itu sebagai acuan.

  • Buat Judul yang Menarik


Lalu, anda bisa memulai menulis dengan memikirkan penulisan judul yang tepat. Penulisan judul bebas terserah anda mau apa saja juga. Namun pastikan agar judul yang ditulis itu sesuai dengan isi yang ada dalam isi blog. Jika anda memang akan menggunakan judul sebagai bahan optimasi SEO, maka pilihlah judul dengan sisipan keyword yang akan dibidik.

  • Mulai dari Paragrap Pertama


Setelah judul sesuai, kemudian anda bisa melanjutkannya ke bagian paragrap pertama. Nah, di paragrap pertama ini sebaiknya jangan terlalu panjang. Sebaiknya fokus pada penulisan masalah secara umum yang menjadi latar belakang kenapa menulis tulisan blog itu. Jika pembaca sudah tahu apa alasan penulisan itu, maka akan ada ketertarikan dari pembaca untuk melanjutkan membaca sampai selesai.

  • Gunakan Teknik Framing-Structured


Dalam menulis blog, anda juga sebetulnya bisa melakukan framing sesuai dengan struktur. Framing yang mudah bisa dilakukan dengan menggunakan sub-heading. Artinya apa yang akan anda tulis memang sudah dibuat dalam struktur poin-poin tertentu sehingga pembaca akan paham apa saja poin yang harus mereka baca itu.




Tips Menulis Artikel Blog yang Disukai Pembaca



  • Gunakan Bahasa yang Ringan


Bahasa yang digunakan dalam blog biasanya bukan bahasa formal tapi bahasa non-formal atau lebih baik semi-formal saja. Hal itu dimaksudkan agar tulisan tersebut bisa mudah dipahami oleh pembaca.

  • Seolah-olah ‘Ngobrol’ dengan Pembaca


Bahasa yang digunakan dalam blog sebaiknya bahasa yang agak sedikit komunikatif, tidak hanya deskriptif. Artinya sekali-kali ajukanlah pertanyaan pada pembaca anda. Jadi seolah-olah anda sedang berkomunikasi dengan mereka.

  • Hindari Paragrap yang Terlalu Banyak


Selanjutnya ada juga yang harus anda hindari yakni paragrap yang terlalu banyak kalimatnya. Dalam satu paragrap tak usah terlalu banyak penjelasan kalimat, cukup yang pentingnya saja. Kalaupun banyak yang mau dijelaskan, maka buatlah dalam beberapa paragram ke bagian bawah.

  • Hindari Basa-basi


Hal selanjutnya, hindari terlalu banyak basa-basi karena memang ini akan membuat pembaca bosan. Kalau bisa, ya gunakan saja bahasa-bahasa yang ringan seperlunya saja, jangan dibawa kemana-mana kecuali anda memang ingin menulis novel atau cerpen.

  • Tambahkan Gambar


Lalu agar tampilan blog tampil lebih enak dipandang dan dibaca, maka cobalah untuk menyisipkan gambar yang sesuai. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa artikel +gambar lebih menarik dan sering dibaca dibanding yang tanpa gambar sama sekali.

Nah, diatas kita sudah bahas kan mengenai bagaimana sebetulnya tips dan panduan dalam menulis artikel untuk blog yang memang bisa enak dibaca.

Semoga bermanfaat ya..

Previous
Next Post »

1 komentar:

8 Februari 2017 20.38 ×

[…] Baca juga: Cara menulis artikel blog yang enak dibaca […]

Congrats bro 10 Cara Mendapatkan Penghasilan Fantastis dari Blog - Blogger Penulis | Belajar Nulis, Review & Marketing you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar