Tips, Cara dan Panduan Menulis Novel yang Menarik

Asep Koswara | seppidealiz
0 Pembaca

 

tips dan panduan menulis novel

Tips dan panduan menulis novel sebaiknya diperhatikan dan bahkan dipelajari oleh anda dan siapa saja yang ingin menulis sebuah novel yang berkualitas. Selain memahami akan tips, anda juga sebaiknya memahami akan cara penulisan dari novel dengan langkah dan struktur yang tepat. Begitu-pun dengan panduan khusus bagi yang benar-benar masih pemula dan belum tahu akan apa yang harus dilakukan. Dalam upaya memberikan bantuan kepada yang masih bingung bagaimana caranya menulis novel yang baik, maka dari itu, disini akan coba saya jelaskan.


style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-9277668098913969"
data-ad-slot="5721776149"
data-ad-format="auto">


Pahami dan Kenali Apa Itu Novel


Sebelum lebih jauh melangkah menulis novel, sebaiknya memang kita coba pahami dengan baik apa itu novel. Ya, pemahaman dasar ini terkadang kita melihatnya sebagai salah satu hal yang sepele, namun sebetulnya ini memiliki peranan yang sangat penting. Dengan memahami akan informasi dasar tentang novel, maka akan bisa dengan mungkin dan mudah untuk kita bisa paham mengenai pola dan struktur dari novel itu sendiri.

  • Pengertian Novel: Novel adalah karya sastra yang menceritakan tentang kehidupan tokoh dengan menonjolkan watak dan karakter setiap pelaku. Novel sendiri masuk dalam karangan jenis prosa dimana ceritanya cukup panjang hampir sama dengan buku, berbeda dengan cerpen yang hanya beberapa halaman saja.

  • Unsur-unsur pada novel: Tidak berbeda jauh dengan cerpen, novel juga memiliki unsur-unsur yang terdiri dari intrinsik dan ektrinsik. Adapun unsur intrinsic novel yakni mencakup tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang, dan amanat. Sedangkan, unsur ektrinsiknya yakni terdiri dari hubungan biograpi dan psikologi pengarang, hubungan sastra dan pemikiran manusia, hubungan sastra dengan aspek ekonomi, politik, agama dan lainnya.

  • Jenis-jenis (Genre) Novel: Ada banyak genre novel yang saat ini popular dan banyak dibuat oleh banyak novelis (sebutan bagi penulis novel). Beberapa diantaranya adalah romantic, horror, misteri, komedi, inspiratif dan lainnya.


Langkah, Tips dan Panduan Menulis Novel


Setelah kita paham akan apa itu novel, baru kemudian kita lanjut ke langkah dan panduan secara konseptual. Secara terstrujtur ada beberapa tahapan yang harus kita lewati dalam pembuatan novel tersebut diantaranya asebagai berikut:

  • Pra-penulisan


Pada langkah atau tahap pertama anda harus melakukan persiapan. Tahapan ini disebut dengan pre-writing atau pra penulisan. Sebelum anda menulis novel tentunya ada beberapa persiapan yang harus anda siapkan yang meliputi dua tipe yakni persiapan peralatan dan persiapan konsep. Persiapan peralatan mencakup beberapa media yang akan digunakan untuk menulis, dalam hal ini tentunya persiapan computer atau laptop. Sementara mengenai persiapan ide, kita membutuhkan beberapa ide yang bagus untuk ditulis dan tentunya layak untuk bisa dijadikan novel.

  • Penyiapan Tokoh, Karakter, Setting dan Alur


Sebetulnya ada tahapan lain yang harus dilakukan pada saat pra penulisan ini yakni melakukan pemilihan tokoh, karakter, alur, setting dan lainnya. Penentuan ini hanya bisa dilakukan jika kita telah menemukan ide topik dan tema dari novel yang akan kita buat nantinya. Pastinya untuk memilih tema yang layak dan kemudian dibangun oleh tokoh-tokoh dan atribut lain yang melekat berhubungan dengan baik.

  • Proses penulisan


Setelah semua persiapan tersedia dengan baik dan lengkap, maka kita bisa langsung saja menulis novel tersebut. Dalam proses penulisan, kita harus benar-benar paham terlebih dahulu akan tokoh, setting, karakter dan lainnya. Dalam proses penulisan ini, yang perlu kita lakukan adalah membangun cerita kedalam tulisan-tulisan dan percakapan yang apik. Biasanya dalam hal ini, kemampuan yang dibutuhkan adalah melakukan ‘ekploriasi’ sudut-sudut bagian cerita kedalam cerita lain yang menghubungkannya.

  • Proses Revisi dan Editing


Hal yang tak kalah selanjutnya yang harus dilakukan adalah bagaimana kita bisa melakukan proses revisi, editing dan proofreading. Jika anda merasa sudah selesai menulis baik itu baru satu atau dua halaman, maka sebaiknya anda cob abaca kembali agar anda bisa tau alur cerita dan apakah ada kesalahan dalam penulisan atau ada cerita yang kurang sesuai dan lainnya.

  • Publishing


Kalau anda sudah melakukan tahapan revisi dan editing lainnya sehingga benar-benar percaya diri bahwa novel itu layak dibaca orang, maka selanjutnya tahapan yang harus dilalui adalah publishing. Mengenai publishing, ada beberapa cara yang bisa dilakukan baik itu dengan menawarkannya ke penerbit atau melakukan penerbitan sendiri (self publishing).



Baca juga: 8 Tips dan Trik Menulis Cerpen untuk Pemula

Cara Menulis Novel dalam Waktu Singkat


Tidak banyak yang bisa menulis novel dengan cepat. Ya, jika coba kita lakukan survey pada banyak orang, menulis novel itu tidak mudah disbanding dengan menulis buku. Kalau menulis buku, kita hanya perlu cari beberapa sumber referensi dan kemudian bahas kembali dengan pandangan dan persepsi kita. Berbeda dengan novel yang murni 100 persen adalah tulisan dan imajinasi kita. Banyak yang hanya mampu sebentar saja konsistem menulis novel bahkan butuh waktu beberapa tahun untuk menyelesaikannya. Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar penulisan novel bida dilakukan dengan cepat, akan tetapi kuncinya adalah: “KONSISTEN”

Bagaimana agar tetap konsisten?

Jika anda memang ingin tetap konsisten dalam menulis novel, maka cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan terus mencari inspirasi. Inspirasi itulah yang kemudian akan menjaga konsistensi anda dalam menulis sehingga akan terus dan tetap menulis meski sudah banyak yang anda tulis sebetulnya. Disamping itu, pastikan juga agar anda konsisten menjaga moods, hindarkan diri anda dari beberapa masalah dan sesuatu yang bisa membuat mood anda rusak.

Baca juga: Tips dan Panduan Menulis Buku dalam Waktu Singkat

Tips Menulis Novel yang Menarik


Sementara itu jika anda ingin menulis novel yang menarik, maka ada beberapa cara juga yang bisa anda lakukan. Beberapa cara itu tentunya agar membuat cerita, bahasan dan beberapa hal yang ada dalam novel anda itu benar-benar unik serta menarik. Kalau memang bisa menulis artikel yang unik dan menarik, maka ini bisa menjadi sebuah kesuksesan untuk anda. Bahkan bisa saja novel anda laris dan diterbitkan oleh penerbit terkenal.

Jadi Apa Kuncinya?

Kunci dari penulisan novel yang menarik adalah dimana kita bisa menciptakan sesuatu hal yang berbeda.
“try to make the different thing”. Bagaimana cara membuat sesuatu hal yang berbeda dalam novel itu? Salah satu syarat utamanya adalah dimana memang sebaiknya anda bisa mengetahui banyak karakteristik novel yang lainnya. Artinya jika anda ingin menjadi penulis novel yang hebat, maka banyak-banyaklah baca novel orang lain karena dengan begitu, akan sangat mungkin untuk anda bisa menciptakan karya novel yang unik dan menarik.

Nah, dalam penjelasan diatas anda bisa pelajari bagaimana tips, cara dan panduan dalam menulis novel yang menarik, dan layak untuk dibaca oleh publik.

Semoga bermanfaat..

URL:
BloggerPenulis adalah tempat sharing beragam informasi seputar dunia akademis, blogging, marketing, designing, copywriting, reviewing, dan banyak dan lainnya.

Artikel Terkait

Tips, Cara dan Panduan Menulis Novel yang Menarik
4/ 5
Oleh