Teknik Menulis Berita yang Objektif & Berimbang

Asep Koswara | seppidealiz
0 Pembaca

Teknik menulis berita menjadi bagian penting yang harus diketahui oleh para wartawan atau penulis berita. Selain itu, hal ini juga sebaiknya diketahui oleh masyarakat umum sebagai penikmat yang sering mendapati beragam berita setiap harinya. Dengan mengetahui ini, maka kita bisa tahu bagaimana sebetulnya ciri dari berita yang objektif itu.

Kita jangan hanya mempelajari cara membuat berita yang menarik saja, namun yang paling penting adalah bagaimana kita bisa membuat artikel berita yang sesuai dengan ketentuan. Ketentuan itu ada yang berhubungan dengan basic componen serta ada juga yang berhubungan dengan news framing. Berita yang sesuai dengan ketentuan adalah berita yang memenuhi kedua hal diatas secara objektif dan juga berimbang.

Komponen Dasar Penulisan Berita

Saat akan menulis berita, pastikan agar anda memahami komponen dasar yang membangun sebuah berita. Berita apapun itu memang sebaiknya harus memenuhi unsur tersebut. Apa saja unsurnya? Nah, komponen dasar itu adalah dimana anda sebaiknya paham akan penggunaan cara menulis berita 5w+1h. Apa itu?

· What?

Dalam bahasa Indonesia artinya ‘apa’. Nah, sebelum menulis berita, anda harus tahu tentang apa berita itu? Apa kejadiannya? Bicara apa? Biasanya lebih erat hubungannya dengan ‘Pristiwa’

· Who?

Artinya adalah ‘siapa’ dalam bahasa indonesia. Jadi, dalam berita sebaiknya ada unsur pihak baik perorangan ataupun kelompok / lembaga yang dijadikan sebagai subjek atau objek dari penyajian berita itu.

· Where?

Dalam bahasa indonesia, artinya dalah ‘dimana’. Anda harus benar-benar paham bahwa dalam berita harus ada informasi yang jelas mengenai setting tempat atau lokasi yakni di sebelah mana, di wilayah mana dan lainnya.

· When?

Selain harus ada setting tempat, dalam berita juga harus bisa memenuhi komponen setting waktu. Kapan kejadian itu berlangsung? Tanggal, bulan, dan tahun berapa? Semua agar informasi yang didapat pembaca bisa jelas.

· Why?

Nah, kemudian ada juga komponen yang berhubungan dengan alasan. Why dalam bahasa indonesia artinya ‘mengapa? Atau kenapa?’ dalam peristiwa, selain kita harus tahu apa peristiwanya, juga harus diketahui kenapa itu terjadi?

· How?

Kemudian unsur yang terakhir adalah harus mencakup tentang detail peristiwa yang terjadi. Dalam hal ini, berita yang ditulis harus memiliki rentetan penjelasan yang runtut dan terstruktu sehingga bisa mudah dipahami.

Baca Juga

Kriteria (Terbaik) Sebuah Berita

Selain memiliki komponen tertentu, ada kriteria berita yang baik yang sebaiknya anda ketahui. Berdasarkan thenewsmanual.net, setidaknya ada 4 kriteria yang sebaiknya dijadikan fokus perhatian pada sebuah tulisan berita yang baik yaitu:
· It is about people
Dalam sebuah berita, hal yang harus disampaikan sebaiknya adalah tentang manusia. Artinya harus ada keterhubungan dengan manusia atau orang-orang karena memang pembaca dari berita yang dibuat itu bukan binatang atau mahluk Ghaib tapi manusia.

· It is New

Hal yang berhubungan dengan berita, kriteria paling pentingnya adalah kebaruan. Artinya berita yang ditulis dan disampaikan itu haruslah yang terbaru bukan berita lama karena ini yang memang dibutuhkan oleh orang-orang. Berita lama? Kelaut aja.. he

· It is unusual

Selain baru, tulisan berita yang akan ditulis juga sebaiknya memang sesuatu hal yang unusual atau dalam bahasa indonesia artinya ‘tidak biasa’. Kalau kita menulis sesuatu yang biasa saja, maka pembaca biasanya bosan karena terlalu sering mereka menemukannya.

· It is interesting

Kemudian berita yang baik itu adalah yang ‘interesting’ atau dalam bahasa indonesia artinya menarik. Kalau kita pikir pristiwa tertentu adalah hal yang biasa, maka tidak begitu bagus untuk dibuat berita karena banyak orang yang tahu atau menganggapnya biasa.

Teknik Menulis Berita yang Objektif

Meski keempat kriteria diatas bisa kita aplikasikan, namun pastikan agar anda tidak menyalahgunakan hal itu. Sayangnya, banyak diantara yang menggunakan kriteria diatas namun mereka mengesampingkan etika dan terbujuk dengan pembuatan berita hoax atau yang cederung berpihak (tidak berimbang).

· Hati-hati Memilih ‘Angle’

Jika anda akan menulis berita, pemilihan angle menjadi bagian penting. terkadang kita bisa menulis berita sesuai dengan permintaan redaktur atau orang lain dengan bayaran menggiurkan, caranya dengan memilih angle semau mereka. Nah, dalam hal ini jangan sampai anda buat berita tidak berimbang hanya karena tergiur bayaran itu.

· Tetaplah Objektif

Objektif adalah tentang pemilihan angle dan sebaiknya itu dilakukan berdasarkan fakta di lapangan. Anda jangan sampai bisa terprovokasi atas permintaan, namun ungkapkanlah apa yang sebetulnya terjadi sesuai dengan fakta yang ada.

· Komunikasi Dua Pihak

Terkadang ada banyak berita yang beredar yang ditulis dengan komunikasi satu arah saja. Artinya apa yang diberikan hanya dari penjelasan satu pihak saja, padahal itu bukan berita yang objektif. Nah, agar lebih objektif sebaiknya anda ungkap secara berimbang dari kedua belah pihak.

· Pahami Etika Jurnalistik

Dalam menulis berita, sebetulnya ada panduan khusus yang bisa kita gunakan sebagai pedoman penulisan artikel berita yang berimbang. Ya, itu bisa kita dapatkan dari etika jurnalistik yang akan membantu kita tetap dalam track yang benar.

Nah, cukup sekian informasi yang bisa saya share saat ini. Semoga dengan penjelasan artikel diatas, anda bisa akan bisa membuat berita berimbang dengan contoh membuat berita acara kejadian.

URL:
SyariahX adalah portal berita dan informasi seputar dunia ekonomi dan bisnis berlandaskan syariat islam. Kamu bisa mendapatkan update beragam informasi mulai dari bank, investasi, properti, asuransi, edukasi, fintech, wisata dan lainnya.

Artikel Terkait

Teknik Menulis Berita yang Objektif & Berimbang
4/ 5
Oleh