Teknik Menulis Artikel dengan Sentuhan Copywriting

- 23.53
Hallo, kali ini saya akan membahas tentang teknik menulis artikel copywriting. Oh iya, apakah anda sudah pernah dengan kata ‘copywriting’? Saya pikir kalau anda sudah sering buka internet, istilah tersebut sudah tidak asing lagi karena memang banyak dibahas dan diulas dalam beberapa artikel lain.

teknik menulis artikel copywriting

Pertama-tama sebaiknya coba kita pahami dulu pengertian copywriting, apa yang dimaksud dengan copywriting itu?

Apa sebetulnya copywriting itu?

Copywriting adalah sentuhan halus yang ada dalam sebuah tulisan dengan tujuan agar pembaca tertarik dengan apa yang ditawarkannya. Copywriting memang sangat erat hubungannya dengan promotion tools dimana ini bisa dijadikan sentuhan halus agar apa yang ditawarkan bisa dibeli oleh pembaca.

Lalu, apa yang membedakan konten dengan copywriting itu sendiri?

konten writing dan copywritingKonten writing adalah artikel yang bersisi perpaduan kata, kalimat dan paragraph yang memiliki ide pokok yang jelas serta hal yang jelas juga yang dibahas. Sementara copywriting adalah sentuhan halus yang ada dalam konten writing itu dan biasanya ada dalam jenis tulisan / artikel yang berbentuk promosi. Artinya antara konten writing dan copywriting itu memiliki keterikatan yang cukup erat jika tujuan dari artikel itu adalah sebagai promotion tools.

Lalu, apa yang menjadi kunci dari copywriting itu sendiri?

Kunci dari copywriting itu adalah adanya struktur, pola dan formula. Jika hanya conten writing, kita bebas menulis dengan formula apa saja, namun jika ingin menggunakan strategi copywriting, maka sudah sebaiknya dan seharusnya untuk mengetahui beberapa pola tertentu. Ada beberapa macam pola copywriting yang bisa kita bahas salah satunya adalah dengan A.I.D.A. Apa itu?

A: Attention: Ini ada dibagian awal paragraph yang memiliki karakteristik unik karena bisa menarik ‘perhatian’ pembaca agar mau melanjutkan proses membaca mereka.

I: Interest: Setelah membuat pembaca attention dengan apa yang ingin kita sampaikan dalam artikel, lalu kemudian kita buat pembaca ‘tertarik’ untuk melanjutkan membaca beberapa poin penting yang kita sampaikan.

D: Desire. Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah desire. Tahapan ini adalah salah satu tahapan yang kemudian membuat pembaca memiliki keinginan untuk membeli produk yang kita tawarkan bahwa produk yang anda jual adalah solusi atas masalah pembaca.

A: Action. Hal yang terakhir adalah memberikan panduan atau tombol pada pembaca yang berkeinginan untuk membeli produk yang akan kita jual. Beberapa cara bisa kita lakukan seperti dengan memberikan cara order, tombol subcribe dan juga beberapa hal yang lainnya.

Kemudian bagaimana teknik penulisan artikel yang baik dengan sentuhan copywriting itu?

Jika anda akan menulis artikel dengan teknik copywriting, maka sudah sebaiknya dan seharusnya untuk anda paham akan beberapa formula dan pola penulisan copywriting itu. Ada banyak sekali sebetulnya yang bisa coba anda terapkan, AIDA hanya salah satu saja. Namun secara keseluruhan pola itu bisa menjadi teknik yang paling umum dan paling lumrah digunakan selama ini.

2 komentar

avatar

[…] Baca juga: Teknik Menulis Artikel dengan Sentuhan Copywriting […]

avatar

[…] Berbicara tentang copywriting, sebetulnya sudah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya tentang Teknik Menulis Artikel dengan Sentuhan Copywriting. Sekilas copywriting adalah konsep atau jenis tulisan yang didalamnya ada sentuhan halus untuk […]


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search