Prosedur dan Cara Menerbitkan Buku Tanpa Ribet

Asep Koswara | seppidealiz
0 Pembaca

Hai sobat, kali ini saya akan mengulas tentang cara menerbitkan buku. Apakah sobat berkeinginan untuk menerbitkan buku? Ya, punya buku yang diterbitkan dan dijual di pasaran itu banyak keuntungannya lho.. Ya, benar.. selain keuntungan finansial keuangan sebagai royalti dan bayaran, kita juga bisa dapat popularitas, ketenaran atas penghargaan banyak orang terhadap buku yang kita buat apalagi kalau buku itu sampai menjadi best seller..

Bagi yang masih pemula, tentu mereka bingung bagaimana cara cara menerbitkan buku ke penerbit atau mengirimkannya sendiri. Kalau sobat mengirim naskahnya ke penerbit, maka resikonya sobat harus menunggu dan menjalani proses seleksi yang begitu ketat. Sementara jika sobat menerbitkannya sendiri, sobat tidak perlu mengikuti semua prosedur yang serba ketat itu, hanya saja ada kekurangan dalam hal lain seperti kurang populernya buku, tidak begitu laku dan lainnya.

Baca Juga

Prosedur Cara Menerbitkan Buku Sendiri Cepat dan Mudah

Nah, karenanya berikut ini saya berikan beberapa panduan buat sobat khususnya yang mau menerbitkan buku sendiri. Artinya, sobat akan membayar beberapa biaya percetakan dan lainnya atau juga menggunakan jalur lainnya. Perlu diketahui juga bahwa, penerbit biasanya menawarkan beberapa penawaran penerbitan juga. Anda bisa memilih mana saja sesuai dengan apa yang soba sukai. Namun dalam kesempatan ini, saya hanya akan sharing tentang bagaimana prosedur dan cara proses penerbitan tanpa ribet:

· Persiapkan Naskah

Tahapan awal memang sebagaimana yang lainnya, sobat harus memiliki naskah terlebih dahulu. Apakah akan menempuh penerbitan dengan cara sendiri atau ke penerbit seperti cara menerbitkan buku di mizan, tentu butuh naskah dulu. Naskah yang anda buat haruslah berkualitas dengan kriteria; sesuai dengan keahlian, memiliki target market yang jelas, berdasarkan pemikiran dan pendapat yang bisa dipertanggungjawabkan dan lainnya. Namun, pada umumnya jika anda ingin buku anda laku, maka sebaiknya anda buat naskah yang memiliki nilai jual; biasanya sesuai dengan perkembangan trend jaman.

· Ketahui Jalur Penerbitan Buku

Sebelum sobat memulai penerbitan, ada baiknya kalau sobat mengetahui beberapa jalur penerbitan buku yang saat ini tengah populer. Kalau memang sobat mencari pilihan yang populer, maka sobat bisa sesuaikan dengan kebutuhan. Setidaknya ada tiga jalur peerbitan yakni:

-->Melalui Full Publishing

Jika sobat mau coba jalur penerbit besar (full publishing), sobat harus kirim naskah ke penerbit terkenal seperti Gramedia dan sebaiknya paham juga tentang cara menerbitkan buku di gramedia dan akan dilakukan seleksi apalagi persaingan cukup kuat.

-->Melalui Semi Publishing

Kemudian, ada cara lain yang bisa dilakukan yakni semi publishing. Biasanya semu publishing ini mengharuskan kita membayar sebagian biaya cetak dan ada kesepakatan penjualan dari penulis misalnya siap memasarkan 1000 eksemplar.

-->Melalui Self Publishing

Nah, kalau self publishing, ini adalah salah satu proses penerbitan yang dilakukan atas nama sendiri dengan nama penerbit sendiri pula. Kini banyak orang yang mengambil jalan penerbitan ini karena dianggap lebih mudah. Hanya saja memang butuh biaya yang besar untuk bisa melakukannya, juga pangsa pasar kurang begitu percaya dengan peberbit baru.

· Editing dan Proofreading

Kalau sobat ingin hasil karyanya dipublikasikan dengan populer karena berkualitas, maka ada baiknya kalau sobat lakukan proses editing dan proofreading berkali-kali. Kenapa demikian? Itu agar hasil karya yang sobat buat benar-benar bagus dan layak untuk dibaca oleh khalayat luas. Ada beberapa yang bisa sobat perbaiki mulai dari huruf sampai pada paragrap dan makna dari tulisan sobat. Kalau sobat kurang percaya diri atau ingin hasil yang bagus, mintalah orang lain yang lebih paham untuk meminta pendapat tertentu yang bisa menambah kualitas buku yang sobat buat.

· Cover Design Is Important

Lalu hal lain yang sebaiknya difokuskan adalah mengenai cover desain buku. Cover desain ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap ketertarikan calon pembeli untuk membeli bukunya. Banyak diantara membeli yang melihat cover dulu sebelum membeli buku, meski sebetulnya ada istilah ‘don’t judge the book from the cover’. Hal ini sebetulnya bisa menjadi celah untuk sobat bisa mendapatkan keuntungan besar seperti menjadikan bukunya menjadi laku atau best seller.

· Urus ISBN dan Dokumen Lainnya

Kalau sobat ingin menggunakan  jalur self publishing, maka sebaiknya sobat paham tentang bagaimana cara mengurus ISBN. Pengurusan ISBN itu dilakukan dengan membuat nama ‘publisher’ atau penerbit sendiri. Sobat pikirkan apa nama penerbitnya. Setelah itu, sobat langsung datang ke Perpustakaan Nasional untuk mengurus nomor ISBN itu. ISBN itu penting lho agar tulisan sobat dilindungi undang-undang.

Nah, demikian beberapa cara mudah yang bisa sobat lakukan saat sobat berencana untuk menerbitkan buku sobat dengan proses self publishing tanpa ribet.

URL:
BloggerPenulis adalah tempat sharing beragam informasi seputar dunia akademis, blogging, marketing, designing, copywriting, reviewing, dan banyak dan lainnya.

Artikel Terkait

Prosedur dan Cara Menerbitkan Buku Tanpa Ribet
4/ 5
Oleh