Panduan, Syarat dan Cara Menjadi Penulis Lepas

Asep Koswara | seppidealiz
0 Pembaca


Hallo teman-teman pembaca yang budiman.. Kali ini, kita akan bahas tentang cara menjadi penulis lepas. Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya menjadi penulis online sejak tahun 2012 lalu. Waktu itu, ada teman yang menawari saya untuk menjadi penulis di salah satu perusahaan yang bergelut di bidang internet marketing. Kebetulan juga waktu itu, saya memang sudah aktif menulis seperti buat tulisan di blogs sendiri, di note facebook bahkan sampai masuk juga ke majalah dan koran. Eh jadi curhat.. he

Oke, kita langsung aja bahas tentang bagaimana cara cara menjadi penulis lepas. Cara yang ingin saya sampaikan ini sebetulnya bisa dilakukan dan diikuti oleh siapa saja baik yang sudah berpengalaman atau mungkin juga oleh para pemula. Oh, iya. Nanti saya akan buat juga artikel khusus tentang keuntungan apa saja yang bisa didapatkan dengan menjadi seorang penulis lepas online.. Disana mungkin saya akan lebih banyak sharing dan curhat tentang apa yang telah saya dapatkan dan rasakan saat menjadi penulis lepas online. Eh, curhat lagiii,, he

Oke deh kita langsung saja bahas..

Berikut panduan dan cara menjadi penulis lepas yang Baik dan Benar:
  • Paham Aturan Dasar Menulis
Nah dalam panduan pertama, kita memang sebaiknya paham akan aturan dasar penulisan. Ini penting lho... jangan sampai saat menulis apalagi jika tulisan itu dipesan atau kita jual ke orang lain, ternyata banyak kesalahan. Pemahaman dasar itu bisa mencakup pemahaman penulisan kata, kalimat dan kosakata lain. Kalau mau nulis bahasa inggris, ya setidaknya paham tenses dan struktur penulisan. Hindari kesalahan sederhana seperti penulisan kata yang tidak sesuai dengan kamus, misalnya anda nulis ‘epek’ padahal harusnya ‘efek’.
  • Paham Akan Kebutuhan Pelanggan
Selanjutnya untuk bisa menjadi penulis lepas yang profesional, maka kta harus paham akan kebutuhan pasar. Artinya siapa calon pembeli produk kita dan bagaimana jenis artikel yang mereka butuhkan. Jika artikel yang digunakan itu adalah untuk di posting di internet, maka tulisan-tulisan seperti tutorial adalah yang paling banyak dicari. Selain itu, kuasai juga dasar-dasar penulisan artikel yang sesuai dengan standar Search Engine Optimization (SEO).
  • Luangkan Waktu untuk Menulis
Kalau anda memang memiliki pekerjaan utama, ada baiknya kalau anda mau meluangkan waktu sedikit untuk menulis. Hal ini sangat bagus untuk mengasah skill dan kemampuan anda dalam menulis artikel. Pekerjaan sebagai penulis lepas memang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja asalkan anda memiliki waktu luang untuk melakukannya. Pastikan anda bisa mengatur waktu dengan baik sehingga tersedia waktu untuk menulis.
  • Punya Keinginan atau Kemauan
Untuk bisa menjadi seorang penulis lepas, anda butuh keinginan dan juga kemauan kuat. Jika anda tidak memiliki semua itu, maka jangankan untuk bisa menghasilkan uang, untuk bisa menghasilkan satu artikel saja biasanya susah untuk dilakukan. Pastikan anda memiliki keinginan dan kemauan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia kepenulisan tenaga lepas khususnya.
  • Bisa Menepati Janji dan Tepat Waktu
Jika anda ingin menjadi penulis yang dipercaya oleh banyak pelanggan, cara yang paling baik untuk dilakukan adalah dengan menepati janji. Jika anda sudah menjanjikan akan beres dalam dua hari, pastikan untuk menyelesaikannya tepat waktu. Jika tidak, maka anda akan kehilangan kepercayaan dari pelanggan anda itu. Bahkan jaman sekarang, banyak pelanggan yang menyukai penulis yang bisa menyelesaikan cepat atau paling tidak tepat waktu.

Baca juga: 10 Cara Jadi Penulis Artikel Freelance Online Sukses

Nah, demikianlah cara dan syarat khusus yang bisa anda lakukan untuk menjadi seorang penulis hebat. Beberapa poin diatas bisa menjadi bagian utama dari apa yang ada dalam panduan cara menjadi penulis lepas yang pernah saya alami.

URL:
BloggerPenulis adalah tempat sharing beragam informasi seputar dunia akademis, blogging, marketing, designing, copywriting, reviewing, dan banyak dan lainnya.

Artikel Terkait

Panduan, Syarat dan Cara Menjadi Penulis Lepas
4/ 5
Oleh