Formula Copywriting AIDA, Apa dan Bagaimana?


Pemahaman akan Formula Copywriting AIDA mungkin tidak banyak dikuasai oleh banyak orang. Padahal dalam dunia pemasaran, ini merupakan salah satu tool of technique yang harus diperhatikan dengan baik dan benar. Pasalnya, dengan menggunakan teknik copywriting, closing penjualan bisa dengan mudah didapatkan. Masyarakat sudah bosan mendapatkan produk-produk dengan cara hard selling bahkan seringkali mereka muak dengan para pemasar atau sales yang menjuadl sesuatu kepadanya secara langsung.

Dengan copywriting, kita bisa menjual tanpa menekan orang untuk membeli secara langsung. Bahkan jika teknik copywriting yang kita gunakan benar, calon pembeli bahkan akan dengan sukarela membeli tanpa merasa terpaksa atau adanya pemaksaan. Nah, maka dari itu untuk mencapai tahapan seperti itu dibutuhkan teknik khusus. Apa teknik khusus itu? Anda harus paham tentang formula copywriting AIDA.

Download ebook copywriting dan closing disini


Baca Juga

Apa Itu Formula Copywriting AIDA? Bagi yang sebelumnya belum familiar dengan copywriting dan marketing, mungkin tidak tahu apa yang dimaksud dengan istilah tersebut. Akan tetapi bagi yang sudah berpengalaman, mereka akan tahu banyak tentang hal itu. Secara sederhana, AIDA adalah sebuah singkatan dari Attention, Interest, Desire dan Action. Semua poin itu terintegrasi dan juga terstruktur, maka secara detail bisa dijelaskan sebagai berikut:

  • Attention: dalam bahasa indonesia artinya adalah perhatian. Artinya, dalam proses penjualan dengan copywriting, pertama-tama anda harus buat dulu target calon pembeli anda itu fokus pada anda atau produk anda. Adapun bagian penting adalah tertarik pada bagaimana cara anda melakukan promosi. Gunakan teknik yang beragam dan berbeda dari apa yang digunakan orang lain.

  • Interest: Setelah anda bisa mebuat calon pembeli dalam target anda fokus memperhatikan produk dan penjelasannya. Lalu anda bisa mengarahkan agar calon pembeli itu tertarik dengan apa yang anda tawarkan itu. Ketertarikan itu bisa diguat dengan menggunakan teknik penggunaan kata-kata yang persuasif. Dengan demikian, maka ini bisa menjadi pilihan yang pas dan cocok untuk mendapatkan awal closing penjualan.

  • Desire: Lalu tugas kita dalam penjualan dengan konsep copywriting itu adalah dengan memunculkan minat yang kuat dari calon pembeli untuk membeli. Itu ada dakan beberapa teknik penulisan kata-kata yang juga terintegrasi sebelumnya sehingga menciptakan minat yang kuat untuk calon pembeli itu mau membelinya.

  • Action: Nah, bagian terakhir yang menjadi tujuan dari dibuatnya penawaran itu adalah agar calon pembeli melakukan action sebagaimana yang diinginkan. Kalau kita menjual sesuatu, maka action yang diinginkan dari calin membeli itu adalah order, transfer dan memberikan hal lain sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Bagaimana Cara Penerapan AIDA Ini?

Lalu yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menerapkan formula tersebut. Sebetulnya karena ini adalah bahasan tentang copywriting, maka ada baiknya kalau anda mau memperhatikan bagaimana cara penerapan AIDA itu. Dalam menerapkan konsep AIDA ini, sebetulnya anda bisa dengan mudah menerapkannya baik dalam iklan di facebook, atau mungkin email sales letter. Bisa ditulis dalam jumlah singkat atau banyak, yang terpenting anda menggunakan model atau formula ini sebagai struktur tulisan anda itu.

Demikian pembahasan kali ini.. Semogat materi tentang apa itu formula copywriting AIDA bisa sangat membantu.

Artikel Terkait

Formula Copywriting AIDA, Apa dan Bagaimana?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email