New Post
recent

Cara Menulis Iklan yang Menarik dan ‘Menghipnotis’ Pembaca

Hallo, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menulis iklan yang menarik. Ini saya tulis untuk membantu anda atau siapa saja yang selama ini sering kebingungan pada saat akan menulis iklan, atau sudah sering menulis iklan namun hasilnya tidak maksimal. Nah, karenanya kita butuh pengetahuan dan informasi yang detail untuk bisa membuat iklan yang bagus dan bisa meningkatkan closing penjualan.


Baca Juga

Dalam cara menulis iklan yang baik, kita sebaiknya bisa mengetahui dan memahami beberapa prosedur yang harus dilakukan. Beberapa prosedur dilakukan haruslah dilakukan dengan cara terstruktur dan jangan diacak karena nanti hasilnya tidak akan sesuai dengan apa yang diharapkan:

Nah, Berikut langkah langkah menulis iklan yang Bisa ‘Menghipnotis’ Pembaca

#Tahap Persiapan

Pertama-tama, kita ada dalam tahap persiapan dimana dalam tahapan ini kita patut mempersiapkan beberapa hal yang diperlukan pada saat kita akan menulis iklan nantinya. Dalam tahapan ini setidaknya terbagi dua persiapan yakni persiapan fisik yakni peralatan menulis dan juga tahapan pengetahuan (knowledge). Peralatan fisik memang sudah banyak digunakan misalnya laptop dan komputer, nah kali ini persiapan skill pengetahuan yang akan dibahas:

Paham Dasar-Dasar Periklanan

Hal pertama yang harus dikuasai adalah mengerti dan paham betul akan dasar-dasar periklanan. Pemahaman akan periklanan ini memang dibutuhkan agar kemudian kita bisa membuat tulisan iklan yang benar-benar sesuai dengan target dan juga aturan yang ada. Pahami aturan dasar dari iklan itu dan bagaimana cara menulisnya agar orang mau membaca dan menarik.

Tentukan Media Iklan-nya

Lalu, anda juga harus menentukan media iklan yang akan anda gunakan untuk memasang iklan tersebut. Jaman sekarang media iklan bisa dengan mudah dipilih yakni dengan memilih media online. Di internet ada banyak fitur yang bisa dipilih untuk iklan dari mulai media website, sosial media seperti facebook, email marketing dan juga yang lainnya.

Pahami dan Pelajari Produk

Tahapan selanjutnya adalah memahami produk yang akan anda pasarkan. Anda memang harus paham betul akan produk tersebut dari mulai pemahaman akan bahan dasar produk, kelebihan, prosedur dan yang lainnya. Semua itu gara materi anda dalam iklan yang akan ditulis bisa lebih berbobot.

Tentukan Target Market

Selanjutnya hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengenai target market. Target market ini adalah pihak atau kelompok masyarakat yang menjadi target pemasaran produk anda. Penentuan target market ini nantinya akan mempengaruhi bahasa yang akan digunakan; tentunya bahasa untuk kalangan menengah bawah akan berbeda dengan bahasa untuk kalangan atas.

Pahami Psikologi Market

Selain menentukan target market, ada hal yang tak kalah penting untuk kita perhatikan dengan seksama yakni dengan memahami bagaimana psikologi market. Pesikologi pasar ini akan menentukan dan membantu anda mendapatkan informasi tentang bagaimana perilaku pembaca sebagai target konsumen dalam menyikapi iklan.
#Tahap Penulisan

Setelah semua persiapan anda persiapkan dengan baik, maka cara selanjutnya yang harus anda lakukan adalah bagaimana memulai tulisan. Ada banyak sekali contoh iklan menarik dan kreatif yang bisa kita tiru sebetulnya. Nah, secara dengan mudah, kita bisa dilakukan dengan seksama sehingga paham dengan baik.

Persiapkan Pola dan Struktur Iklan

Hal yang paling baik untuk anda persiapkan adalah dengan menetapkan struktur dari penulisan iklan yang cocok. Ada banyak struktur iklan yang bisa anda tetapkan namun ada baiknya memang jika anda coba lakukan beberapa penerapan struktur berdasarkan teknik copywriting.

Cari Ide Kreatif cara menulis iklan yang baik

Hal selanjutnya perlu dipersiapkan adalah bagaimana cara untuk bisa mencari ide yang kreatif. Ide kreatif ini dimaksudkan agar iklan yang akan anda buat itu memang menarik dengan iklan yang anda tulis. Kebanyakan orang akan tertarik atau interested pada sesuatu yang unik yang jarang mereka baca sebelumnya.

Perbanyak Kosakata

Kosakata yang akan dibuat untuk iklan tentunya harus didukung oleh banyak atau kumpulan kosakata yang ada. Ini penting agar kemudian anda tidak stuck dalam memilih dan memilah kata-kata yang pasa untuk iklan anda nantinya. Bahkan ini sangat diperlukan jika anda ingin menulis iklan dalam bahasa lain seperti inggris.

Pandai Merangkai Kata

Seorang penulis iklan yang bagus itu adalah yang memang pandai merangkai kata. Maka dari itu sebaiknya anda bisa memiliki kemampuan ini. Hanya saja memang untuk memiliki skill seperti ini, anda harus bisa paham betul akan beberapa kata yang digunakan serta seberapa sering anda menulis iklan.
#Trik Penulisan Iklan yang Menghipnotis

Lalu tahapan selanjutnya adalah dimana anda harus paham akan trik penulisan yang bagus dan bisa menghipnotis pembaca. Tentu tujuan iklan yang akan kita tulis adalah untuk dibaca oleh pembaca yang merupakan target konsumen kita. Nah, ada beberapa trik yang bisa coba kita lakukan untuk hal itu:
Gunakan Teknik Copywriting

Hal pertama dan paling utama adalah dimana anda sebaiknya paham akan teknik penggunaan copywriting dalam tulisan. Hal ini bahkan akan sangat cocok dan bagus karena memang fungsi dari bahasa copywriting sangat sesuai dengan tujuan untuk promosi produk anda dalam iklan yang anda tulis.


Coba Pelajari Iklan Orang Lain

Sebagai acuan, kita sebetulnya bisa mempelajari beberapa iklan yang dibuat oleh orang lain. Kita bisa banyak belajar dari situ, bukan hanya pola mereka menulis namun yang lebih penting adalah dimana anda bisa memperbaiki kesalahan yang dilakukan orang lain dan tidak sama dilakukan dalam iklan yang anda buat.

Nah, diatas adalah beberapa tahapan penting yang bisa anda lakukan saat anda akan memilih cara menulis iklan baris atau lainnya yang memang cocok dipilih.

Artikel Terkait

1 Komentar

[…] Baca juga: Cara Menulis Iklan yang Menarik dan ‘Menghipnotis’ Pembaca […]

Silakan berkomentar dengan relevan dan pake akun asli ya !

Follow