Begini Cara Menerjemahkan Bahasa Inggris yang Akurat!

Cara Menerjemahkan Bahasa Inggris menjadi bagian penting bagi siapa saja di era sekarang. Pasalnya sebagaimana kita ketahui bahwa bahasa inggris adalah bahan internasional yang digunakan di seluruh dunia. Karena ini bahasa internasional, maka mau tidak mau sebagai seorang yang tidak ingin tertinggal dalam hal peradaban internasional, maka sudah seharusnya kita menguasai bahasa inggris. Dengan mengetahui bahasa inggris, ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dan ketahui termasuk informasi dunia.

Namun dalam mempelajari bahasa inggris, setidaknya ada beberapa kemampuan yang harus dikuasai salah satunya adalah Cara Menerjemahkan Bahasa Inggris atau translating dan juga interpreting.  Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara melakukan translating yang baik. Sementara untuk pembahasan interpreting, selanjutnya akan kita bahas dalam pembahasan lain selanjutnya. Tunggu saja ya..

Berikut Cara Menerjemahkan Bahasa Inggris yang Baik, Benar, dan Akurat:

Dalam menerjemahkan bahasa inggris, ada prinsip yang harus diketahui dengan baik dan itu didasarkan pada istilah asli bahasa inggris yakni ‘TRANSLATE’. Dari kata tersebut, kita dapat memperoleh penjelasan sebagai berikut:

  • T= Translate is about meaning
Selama ini terkadang ada yang menganggap dan melakukan proses penerjemaahan dengan fokus pada ‘words’ atau kata demi kata. Menerjemahkan itu bukan tentang bagaimana mengartikan kata demi kata dalam bahasa inggris ke bahasa indonesia atau lainnya namun tentang memahami makna atau maksudnya secara keseluruhan.
  • R= Rely on the wits
Kemudian dalam mentranslate itu biasanya akan membutuhkan yang namanya kecerdasan. Sebaiknya anda gunakan dan andalkan kecerdasan anda itu dalam melakukan penerjemaahan karena memang ternyata itu bisa memberikan hasil yang bagus dan sangat membantu juga.
  • A= Ask Spesialist to Proffread
Jika anda sudah melakukan penerjemahaan, maka selanjutnya ada baiknya kalau anda melakukan pengecekan. Proses pengecekan sebaiknya dilakukan oleh orang yang memang paham betul akan bahasa inggris dan juga bahasa target seperti bahasa indonesia dan juga yang lainnya.
  • N= Never do what you don’t have ability
Selanjutnya kalau anda merasa tidak paham dan tidak bisa melakukannya, maka sebaiknya jangan lakukan atau ambil projek tersebut. Dalam tulisan bahasa inggris tentu ada banyak sekali tema yang bisa dipilih. Pilihlah tema yang paling bagus adalah yang memang sesuai dengan skill pengetahuan anda.

Baca Juga

  • S= Skill come from experience
Kemudian berbicara tentang skill, anda akan bisa memiliki skill yang bagus kalau memang anda fokus pada waktu. Jika anda ingin jago dalam menerjemahkan, maka ‘jam terbang’ menjadi salah satu bagian penting. Jika anda ingin jago, maka sebaiknya memang anda perbanyak pengalaman anda dalam menerjemahkan.
  • L= Language Nuance is Important
Menghadirkan nuansa bahasa menjadi bagian penting yang harus dijadikan bahan pertimbangan khusus. Artinya anda harus memposisikan diri sebagai seorang ‘native’ speaker. Dengan demikian, ada akan tahu makna yang sebetulnya itu adalah seperti apa dan ini bagus untuk membuat hasil terjemahaan menjadi akurat.
  • A= A good Translation need an enough Time
Dalam upaya menghasilkan terjemahaan yang bagus dibutuhkan waktu yang cukup. Artinya anda butuh waktu untuk memilah kata yang cocok dan kemudian merevisinya sampai menemukan makna yang tepat dan akurat dengan apa yang sebetulnya dan juga seharusnya.
  • T= The Document result may be different between one with another language
Dalam menerjemahkan bahasa inggris ke bahasa lain, itu terkadang berbeda maksudnya kalau tidak diperhatikan dengan baik. Perbedaan itu juga ada pada cara dan metode yang dilakukan untuk menerjemahkannya.
  • E= Emulate the Original Author
Dalam menerjemahkan, kita bukan hanya memahami kata demi kata namun juga harus bisa memperhatikan makna. Dalam upaya mendapatkan makna yang sebenarnya, itu hanya bisa dilakukan jika kita mampu meniru dan mendekati maksud yang mungkin ingin disampaikan oleh si penulis atau pembuat tulisan tersebut.

Nah, itulah kiranya beberapa informasi penting yang bisa kita pahami tentang bagaimana cara membuat hasil translate bahasa inggris ke indonesia yang tepat dan juga akurat.

Artikel Terkait

Begini Cara Menerjemahkan Bahasa Inggris yang Akurat!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email