Bagaimana Cara Membuat Puisi Cinta yang Indah?

Kali ini, kita akan berbicara tentang cara membuat puisi. Penah buat puisi? Ya, setidaknya meski kita belum pernah membuatnya, kita seringkali mendengar atau membacanya. Nah, kali ini selain kita membacanya saja, sebaiknya kita juga belajar tentang bagaimana cara untuk membuatnya. Saat kita membaca puisi orang lain, kiranya kita sering tertarik ‘ko puisi-nya indah sekali ya’. Akan tetapi seringkali kita tidak berpikir tentang bagaimana cara membuatnya. Kalau anda tertarik untuk belajar-nya, maka kali ini kita akan membahasnya.

Cara Membuat Puisi

Apakah anda tahu apa itu puisi? Ya, mungkin secara sekilas kita tahu bahwa puisi itu adalah untaian kata-kata yang indah. Puisi dirangkai dengan kata-kata yang memiliki nilai ‘keindahan’ mendalam dan bukan dengan kata-kata biasa saja. Dalam hal ini, ada beberapa hal lain juga yang harus diperhatikan saat akan membuat sebuah puisi yang bagus. Pada umumnya puisi sederhana biasa ditulis dengan tema percintaan, nah maka dari itu kita akan berbicara mengenai bagaimana cara membuat sebuah puisi dengan tema percintaan.

Langkah, Panduan serta Cara Membuat Puisi Cinta yang Baik dan Benar


Dalam prosesnya, ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan saat anda akan membuat sebuah puisi yang memiliki tema percintaan. Beberapa tahapan itu menjadi bagian penting dan sebaiknya dilakukan dengan baik:




#1 Perbanyak Baca Puisi Orang Lain


Langkah pertama yang harus anda lakukan yakni dengan memperbanyak referensi. Ada baiknya kalau anda memperbanyak bacaan terhadap puisi-puisi yang telah dibuat oleh orang lain. Tentu ada banyak sekali puisi buatan orang lain yang di publikasikan. Anda bisa dengan mudah membacanya. Untuk apa? Ada banyak keuntungan salah satunya bisa memberikan anda pola penulisan, kosakata, dan lainnya.

#2 Tentukan Tema


Tahapan awal dalam cara membuat puisi yang indah adalah dengan menentukan tema. Meski tema utama yang anda tentukan itu adalah mengenai percintaan, namun secara mendalam ada beberapa tema khusus yang kemudian bisa diturunkan dan anda pilih. Misalnya, anda bisa salah satu tema tentang jatuh cinta, sakit hati atau yang lainnya. Semuanya memang bisa anda tentukan sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan juga passion anda.

#3 Fokus pada Perasaan


Hal yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan adalah dengan mempersiapkan masalah perasaan. Pemilihan tema juga sebaiknya memang disesuaikan dengan kondisi perasaan yang anda rasakan saat ini. Jika anda sedang merasakan jatuh cinta, maka anda bisa langsung memilih tema jatuh cinta.

#4 Pertajam Imajinasi Anda


Imajinasi memeran peranan penting dalam pembuatan puisi yang bagus. Biasanya yang namanya imajinasi, sifatnya tidak terbatas sehingga bisa dikreasikan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Hanya saja imajinasi ini sebaiknya diciptakan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan, tentunya harus fokus pada tema dan perasaan.

#5 Tulis Apa yang Muncul di Pikiran


Saat anda mulai menulis, maka sebaiknya tulislah apa yang ada dalam pikiran anda. Anda bisa menulis apa yang ada dalam pikiran sebagai hasil kata-kata yang muncul dari kombinasi pikiran dan juga perasaan. Jangan pikiran anda salah dalam memilih dan mengungkapkan, yang penting tuliskan dulu saja, dan setelah itu anda bisa merevisinya.

#6 Gunakan Gaya Bahasa ‘Majas’


Karena tulisan puisi itu bukan tulisan biasa, maka ada gaya bahasa tertentu yang harus anda pahami dan kuasai yakni majas. Penggunaan majas ini adalah apa yang bisa membuat tulisan anda menjadi lebih terasa indah dan berbeda. Misalnya ada penggunaan majas perbandingan seperti ‘kau bagaikan rembulan’ dll.

#7 Bukan Arti Kata Sebenarnya


Penggunaan kata dalam puisi sebaiknya memang bukan kata biasa. Semakin sulit untuk dipahami, maka semakin bagus puisi itu. Tulisan yang ada di puisi tidak bisa diartikan melalui pengartian kata demi kata. Akan tetapi dalam mengartikannya, kita harus melibatkan perasaan dan juga makna-makna khusus.

#8 Pandai Mengolah dan Menempatkan Kata


Skill memilih dan memilah kata menjadi bagian penting dalam sebuah puisi. Tentu anda harus memperkaya kosakata khusus yang memiliki nilai artian puitis. Hal itu bisa dilakukan jika anda memperbanyak baca karya orang lain terlebih dahulu. Jika anda bisa pandai dalam memilih kata, maka puisi yang anda buat akan lebih baik dan indah.

#9 Temukan Suasana Tenang


Suasana tenang memang menjadi faktor yang bisa membuat anda mampu menghasilkan sebuah puisi yang indah. Maka dari itu, ada baiknya jika anda akan menulis sebuah puisi, maka anda lakukan di tempat yang sepi dan kondisi yang sepi, misalnya di malam hari di ruang kamar anda, ditambah perasaan jatuh cinta yang menggebu.

#10 Koreksi dan Revisi


Lalu setelah itu, anda bisa melakukan proses koreksi dan revisi. Koreksi dilakukan setelah anda selesai membuatnya. Jika anda merasa ada yang kurang tepat, maka anda bisa merevisinya. Minta bantuan juga pada teman-teman atau kerabat anda sebelum kemudian mengirimkannya ke pacar anda.



Baca juga: cara membuat cerpen bagi pemula

Contoh:

contoh puisi cinta

Nah, demikian kira-kira beberapa cara yang bisa anda lakukan saat akan membuat puisi yang indah. Jika anda memang menginginkan hal itu, maka anda tinggal mengikuti beberapa cara membuat puisi yang romantis diatas.

Artikel Terkait

Bagaimana Cara Membuat Puisi Cinta yang Indah?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email