Apa Itu Copywriter? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

- 02.26
 
Apakah anda tahu apa itu copywriter? Oke, kali ini kita akan membahas tentang pembahasan copywriter dan beberapa hal yang berhubungan dengannya. Pembahasan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan penjelasan yang cukup clear bagi anda atau siapa saja yang ingin mengetahuinya. Nah, ada baiknya kalau kita coba bahas secara mendetail dan terstruktur yah agar bisa dipahami dengan mudah.


Baca Juga

Pengertian Dasar (Linguistically)

Copywriter adalah kata yang berasal dari dua suku kata yakni ‘copy’ dan ‘writer’. Kata tersebut berasal dari bahasa inggris yang artinya transcript (copy) dan penulis atau orang yang menulis (writer). Jadi copywriter artinya adalah penulis yang menulis traskript, namun jika hanya dilihat dari segi bahasa tentunya belum begitu jelas. Maka dari itu, penting untuk mengartikannya sesuai dengan konteks khusus berdasarkan sejarah dan alasan munculnya istilah ‘copywriter’ itu.

Pengertian Spesifik (Scientifically)

Lalu, pengertian selanjutnya kita bahas secara spesifik yakni didasarkan pada keilmuan yang memang sudah populer. Copywriter ini memang kini menjadi salah satu profesi yang diakui dimana ada banyak orang yang menggelutinya. Namun sanyang tidak banyak diantara mereka yang paham akan maksud dan makna yang sebenarnya. Nah, berikut ini adalah makna atau arti dari copywriter tersebut:

“A copywriter is a person tasked to write the text used for advertisements in magazines, newspapers, television, radio and other kinds of media,” dikutip dari streetdirectory.com.

Dalam bahasa indonesia, bisa dikatakan bahwa copywriter itu adalah orang yang memiliki tugas untuk menulis tulisan dalam bentuk teks yang kemudian biasa digunakan untuk iklan baik di majalah, koran, televisi, radio dan media lainnya. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa copywriter ini memang merupakan sebuah profesi yang ada atau yang ingin masuk dalam lingkungan periklanan.

Antara Copywriting dan Copywriter

Lalu yang menjadi penting untuk dibahas selanjutnya adalah mengenai perbedaan antara copywriting dan copywriter. Berbicara tentang copywriting, sebetulnya sudah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya tentang Teknik Menulis Artikel dengan Sentuhan Copywriting. Sekilas copywriting adalah konsep atau jenis tulisan yang didalamnya ada sentuhan halus untuk membuat pembaca melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang kita inginkan bahkan tidak merasa disuruh untuk melakukannya.

Nah, kemudian tentunya tulisan dengan sentuhan dan strategi copywriting itu harus dibuat, lalu siapa yang membuatnya? Siapa saja tentu boleh dan bisa membuatnya asalkan memiliki kemampuan tertentu khususnya dalam menulis dengan teknik copywriting itu. Apakah yang nulis adalah manusia? Ya, pastinya manusia.. Terus apakah ada sebutan khusus? Ya, ada dan sebutan khusus-nya itu adalah disebut dengan ‘copywriter’.

Bagaimana Cara Menjadi Copywriter?

Hal yang kemudian menjadi pertanyaan adalah mengenai bagaimana sebetulnya cara menjadi copywriter itu, apakah mudah atau tidak? Tentu untuk menjadi copywriter, siapapun bisa namun untuk bisa menjadi copywriter yang baik, tentu butuh skill dan pengetahuan yang mumpuni. Kiranya ada beberapa hal yang harus dimiliki dan dilakukan diantaranya adalah:
  • Suka Menulis dan Membaca
Hal pertama adalah suka menulis karena ini adalah basic dari pekerjaan itu sendiri. Kalau tidak suka menulis, kemudian mau jadi copywriter, tentu akan butuh waktu lama dan sulit untuk bisa mahir dalam waktu singkat. Selain menulis, membaca juga jadi bagian penting sebagai salah satu hal untuk menambah wawasan agar lebih luas.
  • Paham Akan Marketing
Karena tulisan ini adalah bagian dari marketing, maka tentunya anda harus bisa paham akan beberapa hal mengenai marketing. Beberapa diantaranya adalah anda harus paham akan target market yang akan anda bidik karena tentu akan berpengaruh pada pemilihan kosakata yang pas untuk kalangan yang dibidik.
  • Pandai Merangkai Kata
Intinya dalam copywriting itu adalah bagaimana kita membangun emosi pembaca sesuai dengan yang kita inginkan. Layaknya dengan penulisa novel, copywriter juga menjadi penting untuk pandai dalam merangkai kata. Dengan kemampuan yang baik dalam mengolah kata, maka ini akan mempermudah anda dalam mempengaruhi psikologi pembaca dengan tulisan yang kita buat.

Nah, beberapa penjelasan diatas memang merupakan bagian penting yang harus kita coba ketahui tentang copywriter. Jika kita sudah pandai, maka tentu akan ada banyak uang yang kita dapat dari profesi tersebut apalagi jika kita membuka jasa copywriter.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search