11 Kesalahan Blogger Pemula yang Perlu Dihindari

- 05.13
Hallo sobat.. kali ini saya mau coba share tentang beragam kesalahan blogger pemula. Sebetulnya apa yang akan saya tulis ini, sebagian besar adalah berasal dari pengalaman saya selama ini mengelola beberapa blog. Dari beberapa blog itu, saya sendiri pernah melakukan beragam percobaan-percobaan yang kemudian diketahui ternyata banyak diantaranya yang salah atau tidak sesuai dengan apa yang seharusnya.

Bagi sobat yang kini baru memulai dunia blogging, sebaiknya pelajari beberapa kesalahan blogger pemula dibawah ini. Coba pahami dan kemudian harus dihindari dan jangan sampai terjebak pada lobang yang sama. Dengan memahami beberapa kesalahan tersebut, maka diaharapkan anda bisa berjalan dalam koridor yang benar dan terhindar dari beragam kesalahan khususnya yang bersifat fatal.

Pahami dengan Baik Kesalahan Blogger Pemula Berikut Ini:

Kesalahan memang sesuatu hal yang wajar akan tetapi jika kita sudah tahu bahwa hal itu salah dari orang lain, lalu kenapa kita harus melakukan kesalahan yang sama. Nah, untuk membantu anda menemukan informasi yang benar, berikut ini diantaranya:



Baca Juga

Hanya Coba-coba/ Tak Punya Tujuan yang Jelas

Kesalahan yang pertam seringkali dilakukan oleh para blogger pemula adalah tidak adanya tujuan, mereka mempunyai blog hanya sekedar ikut-ikutan saja tanpa adanya tujuan yang jelas. Padahal sebetulnya tujuan itu adalah bagian penting yang harus benar-benar fokus diperhatikan dengan baik agar proses blogging yang anda jalankan bisa berjalan dengan konsisten dan bertumbuh.

Tak Mau Keluar (Banyak) Modal

Kesalahan selanjutnya adalah dimana banyak belogger yang tak mau mengeluarkan modal lebih. Misalnya, mereka lebih suka menggunakan flatporm blog yang gratisan dibanding harus beli domain dan hosting sendiri. Hal ini memang tidak salah khususnya untuk pemula sekali, namun ada baiknya untuk mulai dengan yang profesional yakni situs yang dibuat dengan biaya daripada yang gratisan.

Sering Gonta-ganti / Edit Template

Hal ini juga saya rasakan sendiri pada awal-awal ngeblog. Biasanya hal ini dilakukan karena ada yang tidak sreg dalam tampilan template yang kita pilih. Ada baiknya juga sih karena saya bisa coba pelajari editing template dengan beragam metode dan cara. Meski saya bisa membuat template sendiri, tapi untuk memodifikasi template orang, saya sudah biasa. Dan ini memang sebagai suatu kesalahan sebetulnya karena bisa berdampak buruk pada peforma website.

Semangat yang Meledak-ledak

Biasanya blogger pemula itu memiliki semangat yang meledak-ledak. Pada awalnya mereka mau ngeblog karena memang melihat banyak orang dapat penghasilan banyak dari situs blog mereka. Nah, ketika on fire, mereka bisa ngulik di depan komputer non stop 24 jam, namun beberapa hari kemudian mereka tidak memiliki semangat itu lagi dan beralih ke bidang yang lainnya. Ini sangat sering terjadi.

Mudah Terpengaruh, Tidak Fokus

Kesalahan selanjutnya adalah tidak fokus. Karena sikapnya yang meledak-ledak dari segi semangat, kemudian biasanya ini juga bisa berdampak buruk pada fokus. Ketika saya melihat banyak mastah yang menshare beragam peluang bisnis dan mereka sukses di bidang itu, lalu sayapun tertarik untuk mencobanya. Padahal sebetulnya itu bukan hal yang bagus karena akan mengganggu fokus kita dalam blogging.

Gak Sabaran

Nah kesalahan fatal selanjutnya adalah adanya perasaan tidak sabaran. Terkadang, para pemula hanya mengejar target mereka bisa mendapatkan penghasilan secepat mungkin. Padahal apa yang telah didapatkan oleh blogger lain yang sukses tidaklah didapatkan secara instan melainkan ada proses panjang yang kita tidak tahu bagaimana jalannya. Mungkin saja mereka juga banjir air mata dalam perjalannya.

Tidak Punya Program

Dalam aktivitas blogging, agar lebih terarah, sebaiknya proses blogging dilakukan dengan sebuah program khusus. Program ini sangat penting sekali agar kita memiliki jadwal yang jelas kapan harus posting artikel dan lainnya. Target atau tujuan ngeblog bisa dengan mudah didapatkan jika anda memiliki program.

Tidak Konsisten

Dalam aktivitas blogging, konsistensi itu memang sebetulnya sangat penting sekali untuk dimiliki. Lebih baik mengerjakan dan memposting 1 artikel per hari daripada 100 artikel dalam waktu seminggu sekali. Banyak sekali yang awalnya memang semangat untuk ngeblog namun kesananya, malah membuat mereka malas.

Kurang ReferensI Bacaan
Dalam tulisan yang mereka buat, kesalahannya terjadi pada kualitas konten biasanya. Artinya apa yang mereka tulis tidak memiliki referensi bacaan yang kuat. Dengan begitu, maka apa yang dia tulis biasanya kurang berbobot sehingga tidak baik juga untuk kebutuhan traffik nantinya.

Jarang Berlatih

Kesalahan blogger lainnya adalah dimana mereka biasanya jarang berlatih. Padahal kualitas dari konten artikel sebetulnya akan ditentukan oleh bagaimana kita berlatih. Jika kita berlatih keras, maka kemudian apa yang ingin kita dapatkan akan bisa dengan mudah pula untuk dirasakan.

Tak Mengerti SEO

Kesalahan lainnya adalah dimana mereka tak paham akan ilmu SEO atau search engine optimization. SEO ini memiliki kepentingan yang sangat penting sekali untuk diketahui karena memang akan berpengaruh pada keberadaan situs dengan keyword tertentu dalam blogg yang dia tulis itu. Seo adalah teknik yang akan menentikan popularitas blog sehingga akan ada banyak pengunjung.

Nah demikianlah sobat beberapa informasi tentang kesalahan blogger pemula. Semoga sobat bisa memperbaiki tulisan dan pola lainnya mengenai aktivitas blogging..


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search