10 Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

Hallo sobat, kali ini kita akan membahas tentang pengertian strategi pemasaran. Nah, bagi sobat yang sedang mencari informasi tersebut, nah ini salah satu blog yang memberikan penjelasan tersebut. Dalam tulisan dibawah ini, saya akan coba menjelaskan pengertian dari pemasaran khususnya strategi-nya dari sudut pandang para ahli-ahli. Kenapa harus pake pengertian ahli? Ya, da say amah apa atuh.. hehe

Oke, pengertian strategi pemasaran secara umum adalah sebuah upaya memasarkan produk atau jasa dengan menggunakan pola rencana, dan taktik yang jitu agar bisa berhasil menjual lebih banyak apa yang kita jual. Artinya jika kita hanya mengandalkan upaya praktek pemasaran saja, tentu akan membuat bosan dan semua itu tentu dibutuhkan yang namanya variasi cara agar calon pembeli mau membeli produk yang kita beli.

Berikut 10 Pengertian Strategi Pemasaran Penurut Para Ahli

1# Philip Kotler

Kotler adalah tokoh yang mengabadikan hidupnya dalam penelitian dunia marketing. Menurut Kotler, "Strategi pemasaran adalah cara di mana fungsi pemasaran menyelenggarakan kegiatannya untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan dalam penjualan pada level marketing mix" Kotler, 1997.

2# Paul dan Guiltinan

Sementara menurut tokoh yang satu ini, strategi pemasaran adalah sebuah pola pikir yang digunakan untuk mengembangkan sebuah atau suatu perusahaan. Adapun cara yang digunakan adalah dengan mengintegrasikan beberapa unsur pemasaran seperti bauran marketing, segmentasi pasar, sasaran, posisi dan lainnya.

3# Stantion

Sementara itu menurut tokoh yang satu ini, strategi marketing adalah sebuah sistem yang berhubungan dengan perencanaan, penetapan harga, distribusi dan memasarkannya sehingga para pembeli atau pelanggan mendapatkan kepuasan dari apa yang diberikan baik dari segi kualitas produk ataupun pelayanan.

4# Tjiptono

Sementara itu, Tjiptono mengungkapkan bahwa strategi pemasaran itu adalah sebuah alat yang dirancang dan direncanakan secara fundamental. Hal itu dilakukan sebagai upaya perusahaan untuk melakukan pengembangan keunggulan bersaing. Hal itu dilakukan melalui program khusus dalam melayani pasar secara berkesinambungan.

5# Michael Baker

Kemudian menurut Michael baker, strategi marketing adalah tujuan dasar meningkatkan penjualan dan mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Hampir sama dengan Tjiptono bahwa menurut Baker startegi marketing itu sebaiknya memang dilakukan secara berkesinambungan serta berkelanjutan.

6# Christian Homburg

Lalu, pengertian dari strategi marketing menurut Christian Homburg adalah semua upaya baik jangka pendek, dan jangka panjang di bidang pemasaran. Hal itu memiliki hubungan yang erat dengan analisis situasi awal strategis perusahaan. Biasanya strategi itu dimulai dari perumusan, evaluasi dan pemilihan strategi serta berkontribusi pada tujuan perusahaan.

7# David Aaker

Lalu menurut tokoh yang satu ini, strategi marketing itu adalah sebuah proses yang dimulai dengan memindai lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal. Hal itu dilakukan dan diperlukan untuk memahami banyak aspek dari lingkungan eksternal dengan tujuan agar bisa bersaing. Adapun yang menjadi fokus perhatian adalah aspek teknologi, ekonomi, hukum, budaya dan politik.

8# Hausman dan Associates

Kemudian menurut Hausman dan associated, marketing strategy adalah desain pemasaran jangka panjang untuk mengoptimalkan penjualan dengan memberikan pelanggan kepuasan. Dengan demikian, maka diharapkan dia akan menceritakan hal itu kepada kerabat yang lainnya sehingga ini akan menjadi sebuah keuntungan besar bagi perusahaan. Pembentukan strategi dalam pemasaran ini harus selaras dengan misi dari perusahaan.

Baca Juga


9# Businessgov.au

Nah kemudian menurut salah satu sumber dari tulisan di situs Australia disebutkan bahwa marketing strategy ini adalah bagian rencana penting untuk mendapatkan apa tujuan dari perusahaan. Strategi marketing itu harus dimulai dengan pemilihan dan persiapan rencana terlebih dahulu yang matang. Marketing plan sendiri menjadi acuan yang sangat fundamental dalam menetapakan serta menentukan strategi yang akan digunakan.

10# SmallBizzTrend

Nah dalam sumber yang satu ini disebutkan bahwa marketing strategy itu adalah salah satu bagian penting dalam membuat perusahaan tetap bertahan dalam goncangan persaingan. Strategi-strategi itu dibuat dengan menggunakan perencanaan terlebih dahulu dan kemudian bisa menyadarkan kita akan apa yang harus dilakukan termasuk juga bagaimana cara menjaga pelanggan agar tetap setia dan loyal terhadap produk atau jasa kita.

Nah demikian kiranya untuk anda bisa ketahui dan mengerti dengan baik tentang pengertian strategi pemasaran menurut para ahli.

Semoga bermanfaat..

Artikel Terkait

10 Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email