10 Cara Promosi Online Shop yang Efektif dan Efesien

- 22.51
Lagi bingung mikiran cara promosi online shop ya? Tenang saja, kali ini saya akan sedikit berbagi tips dan panduan dalam mempromosikan bisnis online anda. Dalam hal apapun memang biasanya akan lebih mudah kalau ada referensinya. Nah, mudah-mudahan saja apa yang akan saya tulis kali ini bisa membantu anda atau siapa saja untuk memperkaya informasi mereka mengenai dunia pemasaran khususnya yang menggunakan media online.

Di jaman sekarang, sebetulnya ada banyak sekalai cara promosi toko online yang bisa kita pilih. Tinggal ada kemauan saja dari kita untuk melakukannya. Nah, kemauan inilah yang biasanya menjadi masalah dan penghambat kemajuan dari bisnis online kita. Kalau bisa memaksimalkan semua media dan cara yang ada, pastinya akan sangat mudah untuk kita sukses dalam dunia penjualan online ini.

Berikut Cara Promosi Online Shop yang Efektif dan Juga Lengkap:

Agar lebih mudah, maka berikut ini sebetulnya beberapa cara promosi bisnis online yang bisa anda coba praktekan langsung. Semuanya memang didasarkan pada pengalaman yang selama ini telah dicoba oleh penulis sendiri.



Baca Juga

1# Buat Situs Toko Online Responsif

Karena disini yang dibahas mengenai bagaimana cara promosi online shop, maka mau tidak mau anda harus bisa buat dulu toko online-nya. Pembuatan toko online biasanya lebih identif dengan pembuatan website dengan template toko online. Sebetulnya kini, toko online tidak hanya bisa dalam bentuk situs web, namun juga bisa dalam bentuk yang lainnya seperti PanPage dan lainnya. Buatlah sebuah situs yang responsive dan tentunya juga SEO Friendly.

2# Optimasi Situs Toko Online Anda

Salah satu teknik yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan toko online anda adalah dengan menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO). Artinya anda harus bisa menguasai cara-cara bagaimana agar situs web anda ada di halaman pertama pencarian mesin pencari. Tentu ada banyak sekali Ilmu SEO yang bisa anda pelajari dan praktekan. Dalam hal ini anda sebaiknya paham bagaimana cara melakukannya.

3# Gunakan Teknik Social Media Optimization (SMO)

Selain melakukan optimasi dengan teknik SEO, anda juga bisa melakukan teknik optimasi dengan SMO. Ini adalah salah satu teknik yang bisa membantu anda dalam mengoptimasi toko online anda agar banyak dikenal bahkan bisa menjadi popular di sosial media. Ada banyak sosial media yang bisa digunakan diantaranya ada facebook, twitter, Instagram dan lainnya. Kalau mau optimasi di Facebook, maka anda harus paham bagaimana cara promosi online shop di facebook.

4# Pahami Teknik Campaign Ads Berbayar

Nah karena dalam marketing online itu tidak selamanya gratis, maka anda harus paham bagaimana cara melakukan iklan-iklan berbayar. Jika anda ingin beriklan, sebaiknya anda menggunakan media yang tepat untuk itu. Tentukan juga tujuan anda campaign ini apakah untuk branding popularitas brand atau produk atau untuk dapat klosing. Dalam pencapaian search engine, anda bisa gunakan media iklan Google Adword, dan di Social media anda bisa gunakan Facebook Ads.

5# Lakukan Promosi di Forum-forum

Kemudian teknik promosi lain yang bisa coba anda terapkan adalah dengan melakukan promosi di forum-forum tertentu. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak forum dan disana ada tempat jual beli biasanya. Anda bisa promosikan produk anda kepada pengguna forum tersebut, dan sebagian besar memang gratis seperti di Ads.ID, Kompas Forum, Kaskus, OLX dll.

6# Lakukan Promosi di Sosial Media Gratisan

Kalau memang gak mau menghabiskan budget untuk beriklan, anda bisa menggunakan situs-situs sosial media gratisan saja. Ada banyak sosial media gratis, hanya saja memang anda butuh usaha keras untuk bisa mendapatkan audience yang banyak. Misalnya kalau di facebook, anda harus membuat sebuah PanPage dengan banyak liker, di Instagram harus banyak follower. Jika audience sudah banyak, maka promosi bisa dilakukan dan potensi cukup besar.

7# Gunakan Underground Media

Selanjutnya cara promosi jualan online bisa dilakukan dengan menggunakan media ‘underground’. Apa itu? Ya, itu merupakan sebuah media yang digunakan secara private atau tidak bersifat life lewat web atau situs. Beberapa contoh populernya adalah promosi dengan menggunakan media BlackBerry Messenger, Whatsap dan juga yang lainnya. Tugas anda adalah bagaimana membangun member sebanyak-banyaknya.

8# Dapatkan Rekomendasi Pihak Ketiga

Selanjutnya cara promosi lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mencari rekomendasi dari orang atau pihak ketiga. Dengan mendapatkan rekomendasi dari pihak ketiga, maka biasanya calon pembeli akan mulai aware dan mungkin juga interest terhadap produk yang kita jual dalam online shop kita, kemudian potensi klosing akan lebih besar.

9# Buat Review dan Post di Banyak Sumber

Kemudian cara lain dari promosi toko online adalah dengan membuat banyak review. Setelah itu kemudian anda bisa memposting review-review tersebut dalam banyak sumber. Dengan membuat banyak review, maka itu artinya anda tengah melakukan randing agar kemudian ada banyak calon pembeli yang interest atau tertarik dengan apa yang kita tawarkan.

10# Pelajari Teknik Komunikasi dengan Pelanggan

Nah, hal yang tak kalah penting juga adalah mengenai teknik bagaimana anda berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pembeli anda. Banyak diantara pemilik toko online yang gagal mendapatkan closing penjualan karena mereka tidak paham dan tidak bisa melayani calon pembelinya dengan baik. Nah, maka dari itu sebaiknya anda pelajari dengan baik bagaimana komunikasi dengan mereka agar penjualan bisa melonjak.

Nah, diatas adalah beberapa poin yang juga sangat direkomendasikan untuk anda jalankan pada saat anda tengah mencari cara promosi online shop yang efektif.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search