Jumat, 23 Desember 2016

Filled Under: , ,

10 Cara Promosi di Facebook yang Terbukti Dahsyat

Hallo para pembaca yang baik hati.. Kali ini ijinkan saya menulis sebuah topik yang cukup menarik yakni tentang cara promosi di facebook. Apa itu facebook? Sepertinya tak perlu dijawab ya, soalnya pasti sudah pada tahu apa itu facebook. Facebook adalah media sosial yang diciptakan untuk menghubungkan manusia dari banyak tempat, untuk bergabung dan saling berinteraksi secara sosial. Begitu sekilas kira-kira..

Nah, menariknya selain fungsi utamanya sebagai media interaksi, facebook juga ternyata digunakan sebagai media promosi bisnis lho dimana ada banyak cara memasarkan produk di fb. Melihat potensi banyaknya orang yang berinteraksi di internet lewat facebook, hal ini kemudian bisa menjadi peluang cukup bagus untuk menawarkan produk atau jasa kepada mereka sehingga diharapkan terjadi konversi penjualan. Bahkan saat ini berjualan dengan media facebook ini tengah begitu popular.


Nah, jika anda masih bingung bagaimana cara promosi di facebook yang baik dan benar, maka berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Beberapa cara tersebut adalah berdasarkan pengamatan dan juga pengalaman yang dilakukan selama ini. Ingat pengguna facebook di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia; saat ini mencapai 65 juta orang.


Baca Juga

Berikut 10 Cara Promosi di Facebook yang Terbukti Menghasilkan

  • Tentukan Target Audience Anda
Berjualan di facebook itu sama dengan ketika kita akan berjualan secara langsung di pasar dengan beragam cara seperti cara promosi facebook page. Anggap saja facebook itu sebagai pasar (marketplace) yang dimana ada banyak penjual dan juga pembeli. Nah, hal pertama kita harus ketahui dulu target audience kita itu siapa. Dalam facebook, kita bisa menemukan informasi lengkap yang akan sangat membantu dalam menentukan target seperti jenis kelamin, umur dan lainnya.
  • Buat Akun Facebook atau PanPage
Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat akun facebook atau PanPage. Untuk satu jenis produk atau toko, sebaiknya buat satu PanPage saja, sementara akun facebook bisa beragam sesuai dengan kebutuhan. Bahkan akun ‘klonengan’ bisa saja anda buat sebanyak-banyaknya asalkan anda bisa memanage-nya. Bahkan lebih banyak akun klonengan lebih bagus apalagi jika anda tahu cara memaksimalkannya.
  • Add Friend atau Liker PanPage Sesuai Niche Produk
Lalu kemudian anda bisa menambahkan teman di akun klonengan anda itu. Namun paastikan agar teman yang anda tambahkan itu adalah sesuai dengan niche yang ingin anda jual artinya anda masuk dalam lingkup kehidupan mereka. Kalau anda mau menjual produk buku pendidikan, maka mahasiswa adalah targetnya. Sementara untuk PanPage, anda bisa gunakan fasilitas ads yang bisa mentarget liker fanPage anda.
  • Update Status Berkualitas
Nah, ini sebetulnya yang paling penting. JIka anda ingin audience yang ada di sekitar facebook anda itu memberikan respon, maka mau tidak mau anda harus memperbanyak update status. Jika anda mau memperbanyak update status, maka ini kemudian yang akan sangat membantu anda dalam mendapatkan interaksi. Pastikan buat status-status yang mengundang orang sebagai pembaca untuk like atau juga share.
  • Optimasi Profil Picture dan Cover
Anda juga sebaiknya mampu memodifikasi dan memilih profil picture yang sesuai dan juga cover yang bisa mengundang perhatian banyak orang. Salah satunya anda bisa memajang foto cewek cantic, dan memajang cover penawaran gratis seperti ‘silahkan gratis ebook dapat 1 miliar dollar dalam 1 hari’ dan juga yang lainnya.
  • Buat BlogPost, Lalu Share di Facebook
Selain membuat materi jualan, dalam post facebook juga sebaiknya bagikan hal-hal yang sangat berharga. Tentu orang yang datang ke facebook kita tidak hanya mau membeli saja namun mereka membutuhakn informasi. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat post di blog pribadi, dan kemudian anda share ke facebook. Buatlah tulisan menarik, tentu untungnya bisa ganda yakni unjuk fanpage dan juga untuk blog anda.
  • Ajak Audience untuk Berkomunikasi (Click Bait)
Kalau anda di media sosial, maka jangan bersifat tertutup atau hanya mendominasi apa yang ingin anda sampaikan saja. Namun selain itu, anda juga harus bisa mengajak audience anda untuk berinteraksi dengan anda. Dengan melakukan interaksi bersama mereka, maka ini yang kemudian akan membuat audience tidak canggung untuk komunikasi dan membeli dari facebook anda.. kalau bisa, anda buat ;click bait’ yang mengundang mereka melakukan sesuatu baik itu like, comment atau share.
  • Persiapkan Materi Post Jualan yang Bagus
Kalau anda ingin jualan produk di facebook dengan cara pasang iklan gratis di facebook, maka sebaiknya anda buat materi yang bagus sebelum di posting. Jualan di facebook itu jangan sering dan banyak-banyak, cukup beberapa kali saja namun bisa membuat pembaca tertarik. Dalam membuat materi posting yang tepat, itu butuh pemahaman akan materi produk atau jasa yang akan anda jual. Setelah itu, baru kemudian anda memodifikasinya.
  • Gunakan Fasilitas FacebookAds Berbayar
Disamping cara promosi di facebook gratis, maka untuk mempermudah audience yang luas (broad), ada baiknya kalau anda menggunakan fasilitas facebook ads yang berbayar. Dengan cara demikian, anda bisa dengan sangat mudah lagi untuk menjangkau calon pembeli anda. Bahkan jika anda bisa memilih audience yang sesuai dengan teknik pembuatan posting penawaran yang bagus, maka konversi profit bisa lebih besar dibandingkan biaya iklan yang harus dibayar.
  • Kuasai Teknik Copywriting dan Psikology Market
Ada dua teknik penting juga yang harus anda kuasai saat akan melakukan promosi di facebook yakni psikology market dan copywriting. Psikology market bisa menjadi bagian penting dalam mempelajari pelaki para calon pembeli. Sementara copywriting adalah kemampuan mengolah kata2 promosi yang menarik cara terbaik untuk mempengaruhi dan mengarahkan psikologi mereka kearah yang kita inginkan yakni membeli produk kita.

Diatas adalah beberapa teknik atau cara terbaik yang sudah terbukti berhasil dalam promosi di facebook. Jika anda ingin juga berhasil, maka lakukan semua cara diatas dengan konsisten karena merupakan bagian dari cara promosi di facebook terbaik dan teruji.

0 komentar:

Posting Komentar