10 Cara Menghasilkan Uang dengan Menulis

Hallo, kali ini saya akan membahas tentang cara menghasilkan uang dengan menulis. Sebetulnya profesi penulis itu cukup menjanjikan karena memang ada banyak sekali peluang untuk mendapatkan penghasilan. Bagi anda yang akan terjun ke dunia ke-penulisan, sebetulnya itu bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Anda tak usah khawatir untuk tidak mendapatkan sejumlah penghasilan asalkan anda mau mencari peluang itu.

Bagi anda yang masih pemula tentunya tidak tahu peluang apa saja yang bisa didapatkan dari menulis artikel dapat uang. Nah karenanya dalam artikel ini, saya ingin sharing tentang peluang apa saja yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan uang dari aktivitas menulis tersebut.

Baca Juga

Berikut 10 Cara Mendapatkan Uang dari Menulis:

1# Jadi Penulis Buku/Ebook

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan cara menjadi penulis buku atau ebook. Kalau menjadi penulis buku, maka anda buat naskah terlebih dahulu dan kemudian mengirimkannya ke penerbit. Sementara jika anda ingin cara yang lebih mudah, maka anda bisa buat dalam format ebook, dan kemudian anda publikasi dan jual sendiri. Peluang keuntungan yang bisa didapatkan memang sangat besar dan menjanjikan. Bahkan tidak sedikit orang yang kaya karena menjadi penulis buku apalagi buku tersebut banyak digunakan.

2# Jadi Penulis Jurnal

Jaman sekarang, jurnal ilmiah adalah sebuah jenis tulisan yang sangat penting sekali dalam dunia akademik. Para dosen dan guru secara terus menerus melakukan publikasi karya ilmiah mereka dalam bentuk jurnal. Semua itu tiada lain dilakukan dengan tujuan untuk menyebarkan hasil penelitian yang mereka lakukan ke masyarakat luas bahkan tidak hanya ke masyarakat lokal namun juga ke dunia internasion. Jika anda memiliki skill yang bagus dalam menulis jurnal, maka anda bisa dapat uang yang cukup besar untuk satu jurnal yang anda tulis.

3# Jadi Penulis Naskah (film/drama)

Nah, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menjadi penulis naskah drama. Ini adalah profesi yang cukup elit dan berkelanjutan karena memang biasanya penulis naskah ini sangat dibutuhkan dalam dunia perfileman atau drama. Kalau dalam drama, mungkin satu judul saja sudah cukup untuk ditulis ceritanya. Namun bagi yang ingin dapat potensi penghasilan terus menerus, maka menjadi penulis naskah film adalah cara yang terbaik yang bisa coba kita lakukan, namun kita harus benar-benar memiliki kreativitas tinggi.

4# Jadi Penulis Novel

Nah, bagi anda yang suka pada cerita-cerita novel, maka ada baiknya untuk anda juga coba dalami mengenai bagaimana caranya untuk bisa menjadi penulis novel. Jadi, jangan hanya menjadi penikmat novel-novel tersebut namun juga bisa dengan menjadi penulis. Hanya saja biasanya semua itu membutuhkan yang namanya proses yang tidak sebentar melainkan cukup lama dan berproses tahap demi tahap.

5# Jadi Penulis Cerpen

Bagi yang suka pada cerita-cerita, maka jangan dulu beranjak pada penulisan novel namun kita bisa memulainya dari penulisan cerpen. Ya, kita bisa menulis cerpen dan kemudian kita kirimkan ke majalah atau koran yang merima rubrik tersebut. Dengan demikian, jika diterima, maka kita akan mendapatkan honorarium yang lumayan menjanjikan.

6# Jadi Penulis Puisi

Tidak hanya rubrik cerpen, kita juga sebetulnya bisa menemukan beberapa koran atau majalah yang menerima pengiriman tulisan dalam rubrik puisi. Nah, bagi anda yang jago menulis puisi, maka kemudian bisa coba untuk menulis puisi yang baik dan kemudian setelah itu coba anda lakukan pengiriman kepada pihak redaksi tersebut.

7# Jadi Penulis Konten

Nah, selanjutnya anda juga bisa mendalami jasa penulisan konten. Kini ada banyak sekali situs web dan blog di internet. Nah, para pemilik situs tersebut tidak memiliki waktu untuk menulis artikel sendiri, maka dari itu ada baiknya kalau anda coba pasang jasa untuk membantu mereka mendapatkan tulisan yang berkualitas untuk blog atau web mereka. Tentu ini juga bisa menjadi peluang yang bagus untuk dapat keuntungan finansial.

8# Jadi Ghostwriter

Selanjutnya, anda juga bisa coba untuk menjadi ghostwriter. Apa itu ghostwriter? Ghost writer ini adalah sebutan untuk profesi gelap dimana anda bisa menyediakan konten yang berkualitas untuk klien anda. Klien anda boleh mengklaim tulisan yang anda jual tersebut sehingga tak ada hal untuk kita nantinya menggugat. Menjadi penulis semacam ini, biasanya bayarannya cukup lumayan mahal biasanya.

9# Jadi Copywriter

Kini banyak sekali yang berbisnis dengan menggunakan media internet, nah terkadang ada banyak diantara mereka yang kebingungan dan kesulitan dalam menulis promosi yang mengena. Nah, untuk membuat tulisan promosi atau iklan yang bombastis dan bisa membuat produk yang dijual makin laku, maka dibutuhkan jasa copywriter. Nah, bayaran yang bisa didapatkan dengan profesi copywriter itu sebetulnya sangat mahal dan menjanjikan.

10# Jadi Editor

Nah, yang selanjutnya profesi penulis yang juga bisa anda jalankan dan menghasilkan banyak uang adalah dengan menjadi editor. Dengan menjadi editor baik buku ataupun lainnya, sebetulnya pekerjaannya cukup mudah karena hanya memeriksa apa yang sudah ditulis oleh penulis sebelumnya. Nah, potensi keuntungan yang bisa didapatkannya sebetulnya sungguh sangat menjanjikan sekali.


Nah, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk bisa mendapatkan uang dari hasil menulis. Ada banyak yang bisa anda dapatkan dan tulis termasuk bisa anda dapatkan cara mendapatkan uang dari menulis artikel dan lainnya.

Selamat Berjuang.,

Artikel Terkait

10 Cara Menghasilkan Uang dengan Menulis
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email