10 Cara Jadi Penulis Artikel Freelance Online Sukses

Asep Koswara | seppidealiz
0 Pembaca

Hallo teman-teman.. kali ini sayang akan membahas tentang cara menjadi penulis artikel freelance yang sukses. Sukses disini tentunya subjektif ya.. Ada banyak perbedaan padangan banyak orang mengenai definisi ‘SUKSES’, jadi jangan baper nanti kalau penafsiran saya tentang sukses tidak sama dengan yang anda tafsirkan..

Nah, pertama-tama saya mau bertanya, ‘Kenapa kita harus jadi penulis?’ nah, ini silahkan jawab saja oleh teman-teman yang memang suka nulis saja. Kalau yang gak suka nulis, ya gak usahlah karena bahasa artikel ini juga kan dikhususkan buat yang suka nulis dan mau jadi penulis yang “Sukses”. Berbicara mengenai alasan kenapa harus menulis dan kenapa harus jadi penulis memang ada banyak sekali sebetulnya. Namun, sekilas alasan penting untuk menjadi penulis adalah karena di era internet ini ada banyak pemilik blog dan web yang membutuhkan konten. Mereka tidak punya waktu untuk membuatnya, maka ini bisa jadi kesempatan untuk kita menawarkan jasa penulisan konten.




penulis artikel freelance

Nah, jelas kan ada peluang besar untuk bisa dapat uang dari online, yakni salah satunya dengan menjadi penulis freelance. Lalu, kalau anda emang sudah tertarik, sebaiknya coba pahami beberapa cara agar anda bisa berkembang dan kemudian bisa menjadi penulis yang sukses. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan:

1# Mulailah untuk Membiasakan Diri

Langkah awal yang harus dilakukan untuk menjadi penulis yang sukses adalah dengan memulai untuk membiasakan menulis. Kesuksesan apapun sebaiknya memang dimulai dari kebiasaan termasuk juga menjadi penulis. Ketika anda sudah biasa, maka akan ada banyak peluang yang muncul di depan anda. Tulislah tentang apa saja yang ingin anda tulis, janga khawatirkan apakah nyambung atau tidak, yang penting menulislah, bahkan lebih baik dilakukan secara konsisten setiap hari meski hanya beberapa paragraf saja.

2# Share Tulisan Anda

Hal yang tak kalah penting untuk kemudian anda lakukan adalah sharing tulisan anda. Apapun judul dan isi tulisan anda, cobalah untuk share dengan yang lain. Apalagi kini bisa dengan mudah dilakukan yakni di share di catatan facebook misalnya, atau juga dengan melalui aktivitas blogging. Apa tujuannya? Jika anda melakukan sharing tulisan anda, maka akan ada banyak yang membaca dan anda bisa mendapatkan respon dari mereka. Jangan lupa juga untuk meminta tanggapan mereka mengenai tulisan yang anda buat.

3# Terbuka dalam Menerima Kritik

Saat kita sharing tulisan ke publik, biasanya akan ada tiga kelompok audience yaitu (1) pembaca yang diam tanpa memberikan respon, (2) mengapresiasi tulisan anda dan (3) mengkritik tulisan anda. Nah, biasanya hal yang sulit untuk diterima itu adalah mengenai kritikan orang lain. Kalau anda memang ingin menjadi penulis yang sukses, maka terbukalah untuk menerima kritik selama itu membangun dan bisa memperbaiki kesalahan agar menjadi lebih baik lagi. Kritik biasanya mencakup gaya bahasa ataupun makna yang ada dalam konten tulisan anda.

4# Gunakan Kritik Sebagai Media Perbaikan

Jika ada kritik yang disampaikan oleh komentator baik yang anda minta atau yang tidak diminta, sebaiknya anda coba terima dengan lapang dada. Dengarkan dengan baik bagaimana kritik mereka sehingga kemudian anda bisa menemukan beberapa titik lemah anda dalam menulis. Dengan menemukan titik lemah itu, maka anda bisa coba memperbaikinya jika memang apa yang dikritiki itu anda rasakan dan menjadi kekurangan anda.

5# Mulai Cari –cari Info Lowongan Penulis

Jika anda merasa tulisan anda sudah cukup baik, maka anda bisa coba lakukan pencarian inform lowongan untuk penulis. Ada banyak biasanya bisa kita temukan di beberapa iklan baris atau lebih mudah mencarinya di forum-forum. Coba anda cari yang sesuai dan ikut daftar melamar. Kenapa harus jadi pekerja terlebih dahulu? Ya, ini penting agar anda bisa dengan mudah dapat pekerjaan tanpa harus mencarinya sendiri.



6# Pelajari Beberapa Pola dan Struktur Tulisan

Saat anda bekerja menjadi freelance penulis, biasanya akan ada banyak permintaan dari ‘bos’ (yang memberikan anda pekerjaan) beberapa tips artikel. Beberapa tipe itu didasarkan pada permintaan pelanggan dan juga kebutuhan mereka biasanya. Akan tetapi salah satu pola dan struktur yang paling umum dan banyak diminta untuk kebutuhan konten online adalah artikel SEO. Selain itu, ada juga beberapa jenis artikel lainnya seperti artikel berita, produk review, profil content, dan yang lainnya.

7# Kerjakan Artikel dengan Baik

Saat anda menerima pekerjaan artikel, maka sudah sebaiknya untuk anda mengerjakannya dengan baik. Semakin bagus tulisan anda, maka semakin bagus pula peluang anda untuk bisa mendapatkan banyak job artikel nantinya. Artikel yang bagus itu adalah yang bukan plagiat apalagi copy paste dari web atau blog orang lain. Jika tulisan anda seperti itu, maka pastinya akan ada banyak pelanggan yang kecewa.

8# Perbaiki dan Kembangkan Skill Anda

Jika anda ingin menjadi penulis yang hebat dan sukses, tentunya jangan hanya bergelut dalam satu tipe tulisan anda. Akan tetapi sangat baik kiranya untuk anda memperbaiki beberapa kekurangan anda dan kemudian mengembangkan skill anda ke arah yang lebih hebat. Biasanya menjadi penulis itu akan ada banyak pengetahuan yang dimiliki karena itu adalah tuntutan saat akan menulis. Sebelum menulis, mau tidak mau harus mencari referensi dan semua itu tentunya dibaca terlebih dahulu. Nah, selain mempelajari konten sesuai materi, sebaiknya coba pelajari juga pola dan struktur tulisannya.

9# Mulai Bangun Bisnis Sendiri

Jika anda sudah merasa mumpuni dalam menulis, maka anda bisa coba membuka jasa penulisan sendiri. Namun meski anda membuka jasa penulisan sendiri, namun sebaiknya memang anda tidak melepasakan pekerjaan yang sebelum sudah anda dapatkan. Dengan membangun sendiri, maka biasanya keuntungan akan lebih besar daripada bekerja dengan orang lain.

10# Bangun Portofolio untuk Mengembangkan Brand Anda

Jika anda ingin sukses dalam jasa penulisan, anda harus bisa membangun portofolio anda seperti dengan mengumpulkan list pelanggan yang sudah anda bantu dalam penulisan artikel. Jika yang memesan jasa anda itu adalah pihak-pihak yang punya brand besar, maka secara otomatis ini akan menjadi protofolion bagus untuk branding jasa anda. Dengan begitu, anda memiliki jasa sendiri dan berkesempatan atau berpeluang untuk menjadi sukses.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa anda ikuti dan lakukan jika anda benar-benar ingin menjadi seorang freelance penulis artikel yang sukses..

Semoga Bermanfaat..

URL:
BloggerPenulis adalah tempat sharing beragam informasi seputar dunia akademis, blogging, marketing, designing, copywriting, reviewing, dan banyak dan lainnya.

Artikel Terkait

10 Cara Jadi Penulis Artikel Freelance Online Sukses
4/ 5
Oleh