Tips Menulis Artikel dengan Gaya Bahasa yang Tepat

Asep Koswara | seppidealiz
0 Pembaca

Apakah anda sedang mencari informasi tentang tips menulis artikel? Ya, jika anda ingin mendapatkan hasil artikel yang berkualitas, maka sudah seharusnya untuk anda mencari tips dan trik tertentu. Sebetulnya kita bisa saja melakukan percobaan dengan skill serta kemampuan kita dalam menulis, hanya saja itu akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa berhasil mendapatkan artikel yang baik dan berkualitas. Nah dengan mempelajari beberapa tips tertentu, ini akan membantu mempercepat skill kita dalam menulis sehingga mendapatkan tulisan yang berkualitas bukanlah hal yang sulit.

Gaya bahasa adalah salah satu yang bisa anda coba pahami dan pelajari agar artikel yang anda buat memang akan benar-benar berbeda dengan yang lainnya sehingga lebih enak dibaca. Bagi anda yang mau benar-benar menjadi penulis atau menginginkan untuk bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas, maka anda bisa coba untuk baca beberapa tips menulis artikel dibawah ini:

Mulai dari yang Non Formal

Kalau anda mau menjadi penulis atau ingin menghasilkan tulisan yang bagus, maka anda bisa memulainya dari tulisan non formal. Kalau anda akan memulainya dari tulisan non formal, tujuannya adalah agar anda memiliki kebiasaan untuk menulis. Mulailah dari tulisan-tulisan ringan seperti membuat diari, catatan pribadi, refleksi dan lainnya. Apapun yang anda alami misalnya, langsung anda tuliskan dalam kata-kata baik dalam media buku ataupun dalam media online.

Baca Juga

Berikan Sentuhan Pendapat

Jika anda sudah terbiasa menulis, maka tahapan awal yang bisa dilakukan adalah dengan memberi sentuhan pendapat pada artikel atau tulisan yang anda buat. Kalau anda sebelumnya hanya mendeskripsikan beberapa kejadian dan momen, nah selanjutnya anda bisa dengan menambah sentuhan pendapat pada tulisan anda itu. Anda bisa berargumen misalnya mengkritisi momen, kejadian, suatu kebijakan, ataupun yang lainnya. Dengan demikian, anda akan mampu menggunakan gaya bahasa semi formal dalam tahapan ini.

Coba ke Gaya Bahasa Formal

Setelah gaya semi formal telah anda kuasai, hal selanjutnya adalah dengan mencoba untuk memilih gaya bahasa formal. Dalam memilih gaya formal, biasanya ini disesuaikan dengan beberapa kebutuhan akan fungsi dan tujuan dari tulisan artikel itu dibuat. Dengan mencoba belajar gaya formal, biasanya ini akan sangat membantu anda untuk mendapatkan dan memiliki kemampuan untuk menulis artikel-artikel ilmiah tertentu. Dengan menulis artikel ilmiah, maka itu artinya anda sudah ada dalam tingkatan yang tinggi.

Lakukan Beberapa Percobaan Gaya Bahasa

Sebaiknya cara selanjutnya yang bisa anda lakukan dalam pemilihan gaya bahasa adalah dimana sebaiknya anda bisa melakukan beberapa percobaan. Dengan melakukan beberapa percobaan, ini akan sangat membantu anda untuk kemudian mendapatkan gaya bahasan yang beragam dari tulisan yang anda buat. Artinya anda bisa memiliki skill atau kemampuan untuk menulis tulisan dengan gaya bahasa ringan, semi formal, formal, atau bahkan akademis murni.

Gaya bahasa dalam artikel menjadi bagian penting karena memang ini yang akan berpengaruh terhadap kesan pembaca. Pembaca akan betah membaca tulisan kita jika memang tulisan yang kita buat itu enak dibaca serta mengikuti tips menulis artikel yang benar.

URL:
SyariahX adalah portal berita dan informasi seputar dunia ekonomi dan bisnis berlandaskan syariat islam. Kamu bisa mendapatkan update beragam informasi mulai dari bank, investasi, properti, asuransi, edukasi, fintech, wisata dan lainnya.

Artikel Terkait

Tips Menulis Artikel dengan Gaya Bahasa yang Tepat
4/ 5
Oleh