Cara Penulisan Artikel yang Baik, Benar dan Berkualitas

cara-penulisan-artikel

Tahukah kamu bagaimana cara penulisan artikel yang baik itu? Artikel adalah sebuah tulisan yang berisi tentang gagasan, ulasan ataupun penawaran sesuatu produk atau jasa. Dalam dunia online, artikel ini sangat dibutuhkan sekali terutama untuk mengisi situs websites atau blog. Tanpa artikel, suatu blog atau web akan sepi pengunjung. Blog yang baik adalah yang memiliki artikel yang berkualitas dan jumlahnya memadai. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membuat artikel berkualitas; itu karena untuk bisa membuatnya dibutuhkan beberapa strategi dan cara menulis yang baik dan benar.

Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang bagaimana cara penulisan artikel dan contohnya yang sesuai dengan standar. Berikut beberapa poin penting yang harus dilakukan sebelum memulainya yang mengikuti tiga tahapan penting meliputi tahap persiapan, pengerjaan dan evaluasi:

Tahap Persiapan


Dalam tahapan ini, anda harus mempersiapkan beberapa hal yang akan mungkin dibutuhkan pada proses pengerjaannya nantinya. Biasanya anda diharuskan untuk menyiapkan hal yang berbentuk tool equipment atau peralatan untuk menulis, penentuan tema atau judul dan pemilihan reference requirement.

  • Tool Equipment


Dalam tahapan tool equipment disini, hal yang anda butuhkan adalah beberapa peralatan untuk menulis. Jaman sekarang tentunya sudah banyak perangkat yang bisa digunakan untuk menulis dalam format ‘mengetik’. Perangkat yang paling mudah untuk digunakan adalah komputer atau laptop. Bisa saja sih pake gadget, atau smartphone tapi biasanya agak ribet. Persiapkan yang mudah saja misalnya laptop atau komputer dengan dilengkapi fasilitas microsoft words dalam versi berapapun baik 2010 atau 2013, asal jangan versi 1997 aja (jadul banget, he)

  • Tentukan Tema / Judul


Tahapan persiapan yang kedua adalah dimana sebaiknya anda menyiapkan tema atau judul. Artinya anda memang harus memiliki tujuan dari penulisan itu yang kemudian akan diturunkan pada pemilihan tema, dan terakhir pada pemilihan judul yang pas dan tepat. Penentuan tema bisa bergantung pada keinginan, kebutuhan atau bahkan tugas dari pihak tertentu untuk membuat tulisan dengan tema tertentu yang telah ditentukan sebelumnya oleh pihak ketiga itu.

  • Reference Requirement


Tahap persiapan selanjutnya adalah pencarian akan referensi. Referensi ini sangat penting untuk ditemukan baik melalui proses baca terlebih dahulu atau remembering beberapa hal yang sudah anda pahami sebelumnya. Sebelum mencari referensi, pastinya kita harus bisa menemukan tema atau bahkan judul terlebih dahulu agar referensi yang akan kita pilih bisa sesuai dengan tema tulisan yang akan kita buat. Pencarian referensi bisa dari banyak sumber baik dari sumber cetak seperti buku, jurnal dan lainya, atau dari media internet.

Tahap Pengerjaan


Tahapan selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengerjaan. Tahapan pengerjaan ini terkadang yang tidak semua orang bisa lakukan. Banyak ide dalam pikiran dari banyak sumber referensi yang dibaca, namun ternyata malah sulit untuk menuangkannya. Hal itu yang sebaiknya coba kita perbaiki dan jadikan proses pengerjaan bisa segera dimulai karena jika sudah kita memulainya, tinggal lanjut saja sampai selesai. Hanya saja dalam tahap pengerjaan ini, ada beberapa poin sebetulnya yang bisa coba kita lakukan, diantaranya:

  • Framing


Dalam tahap awal pengerjaan, yang harus kita lakukan itu adalah framing. Artinya kita membuat pola kerangka tulisan yang akan kita buat secara keseluruhan. Jika anda masih pemula, maka anda bisa coba dulu untuk buatkan dalam coretan terlebih dahulu. Namun kalau anda sudah biasa menulis, hal itu tidak perlu dilakukan karena akan sudah bisa dimengerti. Intinya dalam tahapan framing ini, anda harus bisa membuat konsep tulisan artikel secara keseluruhan dari mulai yang umum ke khusus (deduktif) atau dari mulai yang khusus ke umum (induktif).

  • Kalimat awal sangat penting


Nah, dalam menulis artikel sebetulnya kalimat awal ini sangat penting sekali. Kenapa penting? Ya, karena biasanya ini akan menentukan pada kalimat-kalimat selanjutnya yang akan kita tulis bahkan berpengaruh juga pada paragrap selanjutnya. Pastikan untuk menulis kalimat awal ini dengan tepat. Selain itu, bisa anda catch the reader’s attention dalam kalimat awal itu, seperti “tahukah kamu bahwa sebatang rokok itu mengandung 0,002 gram minyak babi?

  • Ingat Rumus Kalimat (S+P+O+K)


Hal selanjutnya yang penting untuk diketahui adalah mengenai rumus dari kalimat itu sendiri. Harus anda pahami dan mengerti dengan baik kalau kalimat itu terdiri dari S=Subjek, P=Predikat, O=Objek dan K=Keterangan. Itu adalah rumus dalam kalimat bahasa indonesia sedangkan dalam bahasa inggris S=Subject, V=Verb, O=Object, A=Adverb/Adjectif. PAHAMI: ingat untuk memberi titik. Selama ini banyak penulis pemula yang membuat kalimat dengan terlalu panjang, padahal kalau sudah mengikuti rumus kalimat diatas, tinggal kasih titik aja.

  • Koherensi


Selanjutnya dalam memulai penulisan, ada baiknya anda tahu konsep ‘koherensi’. Artinya sebetulnya bahwa kalau anda menulis artikel, pastikan agar semua kalimat yang ada dalam tulisan tersebut memang punya keterkaitan yang dekat. Jangan sampai kalimat ini bilang A, kalimat selanjutnya bilang Z. PAHAMI: yang namanya paragrap itu adalah kumpulan kalimat yang menjelaskan tentang ide tertentu secara khusus.

Tahap Evaluasi


Nah, setelah semua artikel dikira beres semua, maka tahapan selanjutnya yang harus dilakukan adalah evaluasi. Evaluasi ini biasa juga disebut dengan tahapan ‘editing atau proofreading’. Tahapan ini sangat penting sekali karena dengan tahapan ini, kita bisa melakukan pengecekan terhadap beberapa kesalahan yang terjadi. Setidaknya akan ada dua proses yang dilakukan dalam evaluasi ini yakni editing content meaning, dan word error editing. Editing content meaning biasanya dilakukan jika ada kalimat yang kurang sesuai atau harus mendapatkan penambahan atau pengurangan. Sementara itu, word error editing adalah proses perbaikan kesalahan penulisan baik pada kata atau angka.

Nah, begitulah kira-kira penjelasan singkat saya mengenai beberapa informasi penting tentang menulis artikel. Tidak begitu lengkap memang, kalau ada pertanyaan silahkan bisa kita diskusikan dalam kotak komentar dibawah ini. Semoga suka dan bermanfaat semu penjelasan cara penulisan artikel diatas.

Artikel Terkait

Cara Penulisan Artikel yang Baik, Benar dan Berkualitas
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email