Cara Optimasi SEO Toko Online Lewat Konten Artikel

- 19.01
Cara optimasi seo toko online cukup penting untuk dipelajari oleh para pelaku internet termasuk pelaku toko online. Setelah kemunculan toko online, terkadang ada banyak yang mengalami kesulitan khususnya ketika mereka akan melakukan proses optimasi situs toko online tersebut. Kesulitan itu muncul karena memang mereka tidak paham akan apa yang harus dilakukan. Untuk optimasi blog biasa, caranya cukup mudah yakni dengan membuat artikel yang SEO Friendly, panjang dan mendalam. Tapi bagaimana dengan toko online yang kebanyakan adalah gambar-gambar produk?

Pahami Cara Optimasi Seo Toko Online Lewat Artikel Dibawah Ini

Nah, sebaiknya coba kita bahas dalam penjelasan poin-poin dibawah ini mengenai bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi SEO toko online kita dengan artikel. Dengan mengetahui ini, maka diharapkan kita tidak bingung lagi saat akan melakukan optimasi toko online.

1# Seberapa Besar Peran Artikel dalam Toko Online?

Sebelumnya mungkin ada sebagian orang yang bertanya mengenai seberapa besar sebetulnya fungsi dan peran dari artikel dalam toko online. Pertanyaan itu muncul karena seperti yang diketahui oleh sebagian besar orang bahwa dalam toko online itu biasanya lebih banyak foto produk disbanding dengan artikel sebagaimana karakteristik toko online itu sendiri.
Nah, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ‘cukup’ penting jika memang anda ingin mengandalkan SEO dalam pemasaran produk yang ada di toko online itu. Pasalnya, Google saat ini masih menggandalkan algoritma text untuk mengcrawling sebuah website atau blog berdasarkan kata kunci yang dituliskan oleh penelusur di mesin pencari.

2# Pemilihan Tipe Artikel yang Sesuai

Karena memang penting, maka selanjutnya kita harus tahu tentang artikel seperti apa yang harus dipilih dan nantinya akan kita posting dalam toko online kita. Hanya saja memang pemilihan artikel yang akan kita gunakan di toko online cukup berbeda dengan artikel pada umumnya yang sering kita tulis dalam blog biasa. Setidaknya ada tiga tipe artikel yang bisa coba kita gunakan dan posting dalam web toko online kita yakni mencakup:
  • Artikel Deskripsi Produk
Tipe artikel yang pertama yang bisa kita gunakan adalah berupa deskripsi produk. Deskripsi produk ini biasanya ada atau ditempatkan pada bagian gambar produk tertentu. Ketika misalnya kita menjual produk ‘kulkas’, maka buatlah dibagian bawah gambar tersebut artikel yang berbentuk deskripsi yang menjelaskan produk tersebut. Ingat jangan hanya spesifikasi, tapi berikan juga deskripsi dalam beberapa paragrap yang disisipkan dengan keyword-keyword tertentu sesuai dengan produk.
  • Artikel Review
Artikel tipe lain yang bisa digunakan adalah dengan format review. Review artinya adalah dimana anda harus menjelaskan mengenai spesifikasi, deskripsi, rating, kekurangan dan kelebihan dalam artikel khusus. Apa bedanya dengan format deskripsi? Tidak beda jauh, hanya saja yang membedakan dalam deskripsi hanya sebatas penjelasan umum secara keseluruhan saja, sedangkan dalam artikel review biasanya dibahas secara mendalam.
  • Artikel Tips dan Trik
Selanjutnya, anda juga bisa membuat artikel khusus dalam blog toko online mengenai penjelasan tentang solusi tips dan trik yang berhubungan dengan produk yang kita jual itu. Dengan adanya penjelasan secara mendalam tentang hal itu, maka setidaknya ini bisa menjadi memberikan kebutuhan akan informasi bagi pelanggan atau pengunjung situs. Saat penelusur mencari informasi tentang tips produk tertentu, maka dia akan masuk ke halaman anda yang juga sebagai web toko online anda.

3# Perhatikan Penempatan Keyword

Meski artikel yang akan anda buat ini adalah untuk toko online, maka sebaiknya memang anda memperhatikan juga masalah penempatan keyword. Penempatan keyword sebagai salah satu cara terbaik yang bisa membuat artikel yang anda buat menjadi SEO Friendly. Keyword yang paling bagus harus ditempatkan di bagian judul karena memang itu adalah bagian ujung tombak supaya artikel masuks dan sesuai dengan standar SEO.

Baca Juga


Hanya saja teknik penempatan keyword di judul itu biasanya hanya berlaku untuk tipe artikel review dan tips saja. Sementara untuk jenis artikel deskripsi produk, keyword tak perlu di judul (di judul hanya nama produk saja), keyword di judul secara full bisa dipasang untuk jenis artikel review dan tips saja.

4# Optimasi Gambar Produk

Dalam optimasi artikel, sebaiknya anda optimasi juga atribut yang disandingkan dengan artikel tersebut seperti gambar. Nah, dalam optimasi gambar cukup penting juga untuk dilakukan karena memang ternyata banyak yang melakukan penelusuran produk lewat search engine image. Jika anda bisa melakukan optimasi dengan baik dalam menambahkan atribut seperti alt image, ini akan berpengaruh besar pada SEO dan posisi image web anda dalam search engine image.

Sebaiknya gunakan gambar asli, atau kalau ingin menggunakan gambar produk dari sumber lain, pastikan untuk tidak mengambil gambar yang ber-watter mark apalagi mengambil image dalam bentuk link image sumber lain tanpa menguploadnya sendiri.

5# Strategi Penggunaan ‘Sub-domain’ dan ‘Sub Folder’

Selanjutnya penempatan dari artikel tersebut khususnya untuk tipe review dan juga tips bisa kita tempatkan di dua tipe yakni ‘sub-domain’ atau di ‘sub folder’. Hal ini dilakukan agar artikel tidak menumpuk di bagian web atau situs utama. Lalu, bagaimana cara mengoptimasinya? Cara mengoptimasinya adalah dengan membiarkan terlebih dahulu blog yang berisi artikel di sub-domain atau sub folder itu terindek, bahkan bisa lanjut untuk dioptimasi dengan maksimal.

Dengan dilakukan proses optimasi yang bagus, pastinya blog itu akan meningkat ranking-nya di search engine. Jika memang sudah di ranking bagus, kemudian anda bisa mengarahkannya ke website utama (toko online) yang berisi produk-produk yang anda jual. Mana yang bagus sub domain (http://www.blog.namatoko.com) atau sub folder (http://www.namatoko.com/blog)? Rekomendasi terbaik, seharusnya anda gunakan sub-folder saja karena nama web utama tidak terganggu..

Nah, itulah beberapa cara diatas yang bisa anda lakukan dalam mengoptimasi toko online anda terutama dari segi SEO dengan menggunakan artikel yang tepat.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search