Cara Membuat Artikel Ilmiah dengan Sistematika yang Benar

Asep Koswara | seppidealiz
0 Pembaca

Cara membuat artikel ilmiah sangat dibutuhkan khususnya oleh kalangan akademisi seperti mahasiswa, dosen, peneliti dan lainnya. Pemahaman yang benar akan penulisan ilmiah ini akan menjadi modal besar untuk terjun ke dunia penelitian bersaing dengan para akademisi lainnya baik secara nasional maupun internasional. Hasil penelitian itu biasanya disajikan dalam berbagai jurnal dengan reputasi yang berbeda-beda dengan menggunakan format penulisan yang khusus. Nah, hal yang harus kita pahami adalah bagaimana cara membuat tulisan tersebut sesuai dengan sistematika yang benar.

Berbicara tentang sistematika penulisan artikel ilmiah yang benar, sebetulnya ada beberapa versi dan bergantung pada kebijakan tiap negara ataupun pengelola jurnal tersebut. Akan tetapi secara umum, format penulisan dari artikel ilmiah itu diantaranya tersusun sebagai berikut.

Baca Juga

Judul (Tittle)

Bagian pertama adalah judul atau tittle dalam Bahasa inggris. Bagian judul ini harus menggambarkan poko-poko tema utama dalam artikel. Pemilihan judul ini sebaiknya dilakukan diakhir proses pembuatan artikel serta tidak melebihi 15 kata. Judul ini harus mencerminkan isi dari seluruh konten artikel, jelas, tegas dan formal.

Contoh: “Strengthening the Role of Professional Service Site in Addressing the Unemployment Problem in Indonesia Setting”

Nama Penulis (Writer’s name)

Bagian selanjutnya adalah nama penulis. Biasanya nama penulis ini ada di bawah judul dengan enter dua spasi dalam format ‘center’ atau ditengah. Nama penulis ini ditulis tanpa gelar biasanya dan jika penulisnya lebih dari satu orang, maka ditulis saja semuanya. Pastikan nama yang ditulis adalah nama asli, bukan nama panggilan apalagi nama samaran.

Contoh: “Dian Irawati Pertiwi”

Identitas Penulis (Writer’s Identity)

Di bagian bawah nama penulis, biasanya terdapat identitas penulis namun hanya dalam jumlah kata terbatas saja. Biasanya pada bagian ini, penulis menyebutkan informasi akademik atau pekerjaannya yang menjadi afiliasi penulis melakukan penulisan artikel ilmiah itu. Setelah itu, bisa juga ditambahkan informasi seperti alamat email.

Contoh: “Dosen Mata Kuliah Bisnis Internasional, Universitas Ternama dan Peneliti di Lembaga Penelitian Bisnis Indonesia, email:XxxxXjkskl@gmail.com”

Abstrak (Abstract)

Setelah itu, hal yang harus ditulis adalah abstrak. Abstrak ini menjelaskan tentang ringkasan secara keseluruhan dalam beberapa kalimat. Abstrak dalam tulisan artikel ilmiah biasanya tidak boleh lebih dari 250 kata. Abstrak bisa pakai Bahasa inggris atau Bahasa Indonesia dan tulisannya memakai format 1 space dengan ukuran huruf 11. Kemudian di akhir abstrak, kita juga perlu menuliskan kata kunci dari penelitian itu, biasanya antara 3 sampai 5 kata kunci.

Pendahuluan (Introduction)

Dalam pendahuluan ini, biasanya mencakup dua jenis yakni latar belakang masang dan pernyataan masalah yang akan diteliti dan diungkap dalam paper. Latar belakang masalah itu adalah sesuatu hal yang melatarbelakangi kenapa kita melakukan penelitian tersebut. Biasanya disini kita harus bisa menemukan terlebih dahulu apa sebetulnya masalah yang akan kita teliti dalam paper tersebut. Masalah tersebut dijelaskan dalam tulisan artikel yang kita buat dengan Bahasa sendiri, jangan terlalu banyak mengutip. Pastikan agar akhir dari pendahuluan ini adalah fokus masalah yang muncul dan ingin di ungkap pada bagian selanjutnya.

Tinjauan Pustaka (Previous Studies)

Bagian tinjauan pustaka terkadang ada yang memakainya dan ada juga yang tidak. Namun biasanya alasan mencoba menjelaskan tinjauan pustaka ini adlaah untuk menceritakan bahwa apa yang akan kita teliti itu sudah pernah diteliti oleh orang lain. Kita dalam poin ini menjelaskan bagaimana penelitian orang lain dilakukan dengan tema yang sama. Namun pada akhirnya harus bisa menjelaskan bahwa ada perbedaan yang membedakan penelitian kita dengan orang lain.

Metode Pendekatan (Approach Method)

Lalu setelah itu, kita perlu menjelaskan juga tentang metode pendekatan atau ada juga yang menyebutnya dengan metode penelitian. Nah, disini yang dijelaskan adalah mengenai pisau analisisi yang digunakan untuk menganalisa data-data yang ada. Selain itu dijelaskan juga secara terperinci mengenai data, sumber data, contoh data, bagaimana data itu didapatkan dan bagaimana data itu dianalisa.

Temuan dan Pembahasan (Findings and Discussion)

Setelah data tersedia dan juga metode telah kita tentukan, maka selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah bagaimana menyajikan semua data yang ada tersebut kedalam pembahasan. Nah dalam bagian ini, kita sebaiknya menyajikan beberapa daya yang diperoleh dari proses penelitian yang dilakukan. Setelah itu, data tersebut dianalisa dengan teori yang telah kita tentukan sebelumnya. Nilai dari kualitas sebuah artikel ilmiah itu adalah dimana memang harus ada komunikasi antara data dengan teori sehingga munculan analisa, prediksi dan refresentasi ide terhadap data-data yang ada itu.

Penutup (Closure)

Kalau memang semua data telah ditulis dan dijelaskan atau disajikan dalam pembahasan diatas, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan menyajikan bagian penutup. Pada bagian penutup ini, yang perlu kita lakukan adalah terdiri dari dua hal yakni (1) kesimpulan (conclusion) dan (2) saran (suggestion). Kesimpulan adalah menjelaskan hasil penelitian dalam uraian singkat sementara saran adalah biasanya untuk penelitis selanjutnya jika akan melakukan penelitian yang sama.

Daftar Pustaka (Bibliography)

Karena ini adalah tulisan ilmiah, maka harus dibiasakan dengan menggunakan sumber ilmiah. Penulisan sumber itu ditulis di akhir tulisan yakni bagian daftar pustaka. Adapun format penulisan daftar pustaka, biasanya beragam format tergantung kita mau memilih yang mana saja. Bagi yang menggunakan format footnote, maka perlu dilakukan penulisan daftar pustaka itu pada akhir bagian bawah tiap halamannya biasanya.

Contoh: Palmer, George. 2009. International Business: An Introduction. Cambridge: GLA University Press

Nah, diatas adalah beberapa poin yang menjelaskan mengenai sistematika dari cara menulis artikel ilmiah yang baik dan benar. Mungkin ada banyak versi lain, ini hanya salah satu format secara umum saja yang banyak digunakan.

URL:
SyariahX adalah portal berita dan informasi seputar dunia ekonomi dan bisnis berlandaskan syariat islam. Kamu bisa mendapatkan update beragam informasi mulai dari bank, investasi, properti, asuransi, edukasi, fintech, wisata dan lainnya.

Artikel Terkait

Cara Membuat Artikel Ilmiah dengan Sistematika yang Benar
4/ 5
Oleh