8 Tips dan Trik Menulis Cerpen untuk Pemula

- 04.07
Tips menulis cerpen menjadi salah satu informasi penting yang wajib diketahui dan dipelajari oleh siapa saja yang akan menulis cerpen. Cerpen sendiri memang bisa menjadi media untuk menceritakan sesuatu agar lebih menarik dan enak dibaca oleh banyak orang. Selain fiksi, cerpen juga bisa dibuat dengan menceritakan kisah dan kejadian nyata. Hanya saja bagi pemula, biasanya mereka mengalami kesulitan dalam memulainya. Atau sudah mulai mencoba namun hasilnya tidakn sesuai dengan apa yang diharapkan. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa tips dan trik yang harus anda coba ikuti dan perhatikan saat akan menulis cerpen.
tips-menulis-cerpen

Tahap Pemahaman


#1 Pahami Dulu Apa Itu Cerpen

Dalam mempelajari cara membuat cerpen untuk pemula, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memahami terlebih dahulu hal dasar. Salah satu yang perlu dipahami itu adalah mengetahui apa sebetulnya cerpen itu? Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek atau dalam bahasa inggris disebut dengan ‘short stories’. Cerpen adalah bagian dari karya sastra yang isinya adalah cerita singkat mengenai sebuah kejadian atau fenomena yang habis dibaca dalam sekali duduk. Cerpen berbeda dengan novel yang ceritanya sangat panjang bahkan bisa sampai ratusan halaman.

#2 Pahami Unsur Intrinsik dan Ektrinsik Cerpen

Selanjutnya, ada baiknya juga untuk anda memahami akan unsur intrinsik dan ektrinsik dalam cerpen itu apa saja. Jika kita memang ingin membuat cerpen, maka patokan dari cerpen yang baik itu adalah yang memiliki kedua unsur tersebut. Jika ada salah satu unsur yang tidak terpenuhi, maka biasanya cerpen akan tidak sempurna dan tidak enak untuk dibaca. Adapun unsur intrinsik dari cerpen adalah tema, latar, penokohan, latar, pesan, sudut pandang, dan alur. Sementara unsur ektrinsik biasanya berhubungan dengan unsur ektrinsik cerpen diantaranya adalah latar belakang masyarakat, latar belakang penulis dan nilai-nilai tertentu.





#3 Pahami Gaya Bahasa

Gaya bahasa menjadi bagian penting juga yang sebaiknya anda coba pahami dengan baik. Pemahaman akan gaya bahasa ini akan membantu anda menulis dengan gaya bahasa yang benar. Karena memang cerpen itu termasuk dalam karya fiksi yang berbentu ‘cerita’, maka bahasa yang digunakan sebaiknya bahasa ‘oral’ bukan bahasa ‘tulisa formal’. Dalam menulis cerpen sebaiknya tidak menggunakan bahasa formal apalagi bahasa akademik, namun cukup gunakan bahasa ringan saja yang memang bisa dipahami dengan mudah oleh pembaca.

Tahap Praktek


#4 Mulai Coba Menulis dari Hal Sederhana

Jika anda ingin menjadi penulis cerpen, pastikan agar anda tahu bahwa teknik menulis cerpen pertama adalah dengan menulis cerita dari hal-hal sederhana. Ada banyak kejadian dan juga fenomena yang terjadi dialami setiap hari. Tak perlu bingung memikirkan ide imajinatif yang tinggi kalau masih pemula, cukup tulis saja dari hal-hal nyata yang kita alami setiap hari. Misalnya, saat di sekolah ada kejadian lucu dan menarik, nah tinggal langsung aja ceritakan kembali agar ada orang lain yang mengetahui bagaimana lucunya kejadian tersebut.

#5 Ingat.. Fokus Pada Pembaca (Reader’s Oriented)

Jika anda mau membuat cerpen, ataupun novel, maka anda harus bisa pastikan untuk fokus pada pembaca. Jangan fokus pada pemahaman anda sendiri namun pastikan juga agar pembaca paham dengan apa yang kita jelaskan dan ceritakan pada cerpen tersebut. Posisikan diri anda sebagai pembaca atau pendengar bukan sebagai penulis yang berbicara. Jika kita bisa memposisikan diri kita sebagai pembaca, maka kita akan bisa selektif dalam pemilihan kata-kata yang digunakan agar bisa enak didengar dan dibaca oleh pihak pembaca.

#6 Tiru Struktur Cerpen Orang Lain

Kalau masih pemula biasanya belum memiliki pemahaman yang baik akan pola struktur cerpen yang baik itu seperti apa. Nah, jika memang masih belum tahu, maka cara mudahnya kita bisa meniru format struktur cerpen dengan apa yang sudah pernah dilakukan oleh orang lain. Untuk bisa menjadi penulis yang hebat khususnya dalam cerpen memang tidak akan mudah dan instan. Ada proses dan kalaupun kita pertama dilakukan dengan meniru, yang penting kita tidak meniru konten-nya melainkan hanya pola strukturnya. Biasanya ini berhubungan dengan alur penulisan dimana ada tahap resolusi, orientasi, konflik dan lainnya.

Tahap Evaluasi dan Pengembangan


#7 Minta Pendapat Orang

Kalau anda ingin maju, maka setelah menulis cerpen jangan disimpan saja melainkan sebaiknya anda coba minta orang lain untuk membacanya. Setelah itu mintalah mereka memberikan komentar atas tulisan cerpen yang anda buat. Kalau ada orang yang lebih ahli, maka akan lebih baik untuk anda memintanya saran dan masukan. Akan tetapi sebaiknya anda memiliki keterbukaan dan tidak tertutup dalam menerima pendapat dari orang lain. Bersikaplah terbuka pada semua kritikan yang diberikan, semua itu demi kemajuan anda.

#8 Banyak Baca Karya Orang Lain

Agar bisa maju dan bahkan bisa menjadi penulis yang profesional dalam bidang penulisan cerpen, maka sudah sebaiknya dan seharusnya untuk anda banyak baca karya orang lain. Dengan banyak baca karya orang lain, maka setidaknya akan ada banyak yang bisa kita pelajari dari mulai penemuan ide, struktur, alur, setting dan konsep lainnya dalam penulisan cerpen yang baik.



Nah, itulah sebetulnya beberapa tips dan trik yang bisa kita lakukan pada saat akan menulis cerpen khususnya bagi pemula. Lebih lengkap. Tulisan ini akan diperjelas dan dikembangkan dalam beberapa artikel lainnya lebih terperinci tentang cara membuat cerpen dan contohnya.

2 komentar


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search