8 Tips dan Panduan Menulis Buku dalam Waktu Singkat

Asep Koswara | seppidealiz
0 Pembaca

Kenapa kita perlu paham akan tips menulis buku? Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapat kalau kita menulis buku berdasarkan tips dan panduan. Setidaknya, kita akan memiliki arahan yang jelas mengenai apa yang harus kita lakukan tahap demi tahap dalam proses penulisan yang kita lakukan. Selama ini, banyak orang yang ingin menulis buku namun saya mereka seringkali terhalang oleh beberapa masalah sehingga buku yang dia tulis tidak kelar-kelar. Kalau itu terjadi, pastinya dikarenakan ada sesuatu hal yang salah dalam proses yang dilakukan termasuk sikap yang dimiliki dalam usaha menyelesaikan buku tersebut.
tips-menulis-buku
Masalah atau problem utama banyak orang dalam menulis buku adalah tidak fokus sehingga target penyelesaian buku tidak selesai-selesai. Nah, agar anda bisa menyelesaikan buku yang anda tulis tersebut dalam waktu yang cepat, maka berikut ini adalah panduan menulis buku pdf ataupun cetak yang bisa anda coba ikuti:

1# Kenapa Harus Menulis Buku?


Sebelum anda mulai mencari tema apalagi membuat judul sebuah buku, sebaiknya langkah awal yang harus anda ketahui dan temukan jawabannya adalah mengenai alasan kenapa anda harus menulis buku. Seseorang memutuskan untuk menulis buku tentu disebabkan oleh beberapa alasan tertentu yang terkadang berdasarkan alasan popularitas atau keinginan untuk menyebarkan ilmu yang dimiliki. Alasan tersebut biasanya dipengaruhi beberapa faktor khususnya dari luar diri dimana misalnya ada banyak orang yang populer karena jadi penulis, banyak uang yang bisa didapat, dan lainnya juga.

2# Sesuaikan dengan Bidang Keahlian


Selanjutnya, jika anda akan membuat buku, pastikan untuk menulis yang memang anda kuasai materianya. Sesuaikan isi dari buku yang akan anda tulis itu dengan keahlian anda saat ini atau latar belakang pendidikan anda. Dengan memperhatikan itu, maka ini akan memberikan nilai ‘trust’ kepada para pembaca nantinya. Kalau memang buku itu anda tulis, maka pembaca harus tahu bahwa apa yang disampaikan itu adalah benar karena ditulis oleh orang yang memang ahli dan paham di bidang tema yang ditulis itu.




3# Apakah Buku Itu Dibutuhkan?


Hal lain yang sebaiknya juga untuk coba kita tanyakan pada diri sendiri adalah mengenai pertanyaan apakah buku yang akan ditulis itu dibutuhkan. Dalam hal ini kita harus belajar bagaimana memahami ‘pasar’ atau market baik market segment atau juga psikologi market. Keduanya butuh kajian khusus agar buku anda–apalagi jika tujuannya komersial–nantinya bisa laris di pasaran. Hal yang harus diingat juga adalah bahwa sebaiknya buku yang kita tulis itu memang dibutuhkan oleh banyak orang sebagai bahan bacaan atau mungkin panduan hidup yang bisa merubah masa depan mereka.

4# Pikirkan Keunikan dan Kelebihan Buku


Selanjutnya sebelum anda menulis, pastikan agar anda menetapkan dan menentukan apa kiranya yang bisa membuat buku anda itu layak untuk dibaca. Tentu, jika kita ingin buku tersebut bermanfaat serta layar dibaca, maka harus anda keunikan dan kelebihan yang kita sisipkan. Jika memang sudah ditemukan sesuatu hal yang unggul, maka tentu ini akan berguna nantinya. Dalam hal ini, maka yang harus anda pelajari adalah bagaimana caranya membandingkan karya anda dengan yang lain. Pastikan agar buku yang akan anda tulis memiliki kelebihan dengan buku dengan tema serupa yang ditulis orang lain.

5# Tetapkan Target dan Atur Waktu


Jika anda mau menulis dalam waktu yang singkat, maka target adalah salah satu hal penting pertama yang harus anda tetapkan. Target dalam penulisan buku memang bisa ditentukan dari beberapa hal seperti proses; misalnya selesai dalam 1 bulan, atau mungkin penjualan; misalnya laku 2 ribu eksemplar dan lainnya. Selain menetapkan target, anda juga sebaiknya memiliki pengaturan waktu pengerjaan bahkan secara spesifik lebih baik juga untuk dilakukan. Anda bisa menetapkan misalnya 2 hari untuk menyelesaikan 1 bab.

6# Jaga Konsistensi


Konsistensi juga menjadi bagian utama yang menentukan kelancaran proses dan kecepatan waktu pengerjaan. Kalau anda bisa menjaga konsistensi anda, maka bukan hal yang sulit untuk bisa menyelesaikan buku tersebut dalam waktu yang singkat. Hanya saja yang terjadi selama ini adalah dimana kebanyakan orang hanya konsisten di awalnya saja dan beberapa waktu kesana setelah berjalan, kemudian mengalami down consistency sehingga pengerjaan buku tidak selesai-selesai sebagaimana target yang sudah ditetapkan.

7# Tambahan Suntikan Semangat


Salah satu penyebab kenapa banyak orang yang tidak konsisten dalam menulis adalah karena memang mereka tidak memiliki semangat. Semangat mungkin ada tapi biasanya bersifat moody sehingga bisa dengan mudah tergantikan oleh kemalasan lagi nantinya. Kalau ada suntikan semangat, maka ini tentu akan sangat bagus untuk menjaga konsistensi pengerjaan penulisan nantinya. Nah, mengenai suntikan semangat ini biasanya bisa didapatkan dari orang lain seperti keluarga, pacar dan lainnya.



8# Usahakan untuk Selalu Fokus


Kalau anda memang ingin konsisten dalam menulis dan menyelesaikan buku yang telah anda rancang, maka usahakan untuk tetap fokus. Bekerja satu jama dengan kondisi fokus, akan lebih baik dibanding kerja seharian dengan kondisi tidak fokus. Dalam hal ini, anda sebaiknya memang bisa memahami betul akan beberapa proses dan usaha yang dilakukan untuk menjaga fokus itu. Biasanya cara paling baik adalah dengan menulis di tempat yang benar benar rilek dan sepi serta terhindar dari banyak masalah yang menghambat.

Nah, diatas adalah beberapa poin penting yang bisa anda ikuti saat akan menulis buku agar cepat segera selesai, bisa juga dikatakan sebagai metode penulisan buku efektif.

URL:
BloggerPenulis adalah tempat sharing beragam informasi seputar dunia akademis, blogging, marketing, designing, copywriting, reviewing, dan banyak dan lainnya.

Artikel Terkait

8 Tips dan Panduan Menulis Buku dalam Waktu Singkat
4/ 5
Oleh