16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Terbukti Berhasil

Asep Koswara | seppidealiz
0 Pembaca

Pemahaman akan cara menulis artikel seo friendly sangat diperlukan oleh pada bloger atau siapa saja yang akan bergelut dalam dunia konten internet. Salah satu algoritma Google adalah merangking situs blog atau web berdasarkan pada konten artikel disamping merankingnya dari segi backlink. Bahkan bisa dikatakan bahwa ‘content is king’, konten artikel adalah segalanya atau yang sangat berpengaruh layaknya raja terhadap ranking sebuah situs blog. Jika ingin situs kita ada di halaman pertama dan berada di rangking pertama search engine, maka salah satu syaratnya adalah dengan menyediakan konten artikel yang berkualitas dan tentunya SEO Friendly.

Hanya saja tidak semua orang tahu bagaimana cara menulis artikel seo friendly. Jika hanya menulis artikel dalam jumlah kata yang banyak, mungkin bisa dengan mudah dilakukan. Namun, selain itu sebetulnya ada beberapa pemahaman penting yang sebaiknya coba kita pahami agar artikel yang kita buat bisa mudah terindek oleh mesin pencari seperti Google, serta disenangi dan dibaca oleh para pengunjung situs. Nah, untuk membantu anda atau siapa saja yang belum paham akan bagaimana cara menulis artikel yang masuk standar SEO itu, berikut ini beberapa cara yang bisa kita coba pahami dan pelajari dengan seksama:

1# SEO Friendly = Human Friendly

Salah satu mindset yang salah dan selama ini masih sering dilakukan oleh banyak orang adalah dimana pemahaman mereka akan artikel SEO Friendly itu hanya sebatas pada penempatan keyword saja (Keyword Position) saja, dan mengenyampingkan aspek human friendly.

Saya ingin bertanya, “untuk siapa tulisan yang kita buat? Apakah untuk manusia atau untuk robot? Tentunya kontennya adalah untuk manusia, namun karena harus melewati tahapan masuk ke mesin pencari (search engine), maka harus diberikan sentuhan teknik seperti keyword position dan lainnya.

Nah, maka dari itu jelas bahwa meski kita tujuannya ingin mengoptimasi situs web atau blog dengan artikel, namun pastikan agar artikel itu layak dan enak dibaca oleh pengunjung. Apa tujuannya? Tujuannya agar pengunjung betah berlama-lama membaca artikel kita. Kalau lama di page situs kita, apa untungnya? Banyak lah, dari mulai baik untuk meningkatkan rank di mata mesin pencari, juga bisa saja kali-kali, pengunjung mengkil iklam adsense yang kita pasang atau mungkin membuka halaman lain yang berisi promosi dan penawaran.

2# Persiapkan Materi Artikel dengan Lengkap

Sebelum anda mulai mencari tahu dan menerapkan beberapa teknis praktis dalam membuat artikel yang masuk standar SEO (SEO Friendly), coba kita perkuat dulu fondasi materi akan artikel yang akan kita tulis. Dalam hal ini, pastinya materi tersebut harus ditentukan terlebih dahulu dengan baik sebelum menuliskannya.

Penentuan topik artikel sebaiknya dipilih berdasarkan niche dari situs blog atau web yang kita miliki. Kalau kita punya atau baru buat situs blog tentang hairstyle, maka pemilihan topik yang akan kita tuliskan dalam artikel juga sebaiknya berdasarkan niche blog tersebut. Kalau memang sudah jelas, selanjutnya, kita perlu mencari keberadaan sumber dari artikel yang akan kita buat itu. Kalau memang berdasarkan pengalaman, maka perkuat dengan beberapa sumber teori lain agar lebih berbobot.

3# Lakukan Riset Keyword

Kalau kita sudah memiliki tema dan topik yang jelas akan apa yang akan kita tulis, nah langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan riset keyword. Apa itu keyword? Keyword adalah kata kunci, dalam dunia situs blog bisa bermakna sebagai kata kunci yang sering digunakan banyak orang saat melakukan pencarian di mesin pencari.

Baca Juga

Apa untungnya menulis artikel dengan kata kunci? Jelas sangat menguntungkan karena dengan pemilihan kata kunci yang pas, kita bisa tahu tentang kesesuaian tema/judul artikel yang kita buat dengan ‘kata kunci’ yang selama ini banyak digunakan oleh pengguna internet saat melakukan pencarian di search engine. Dengan begitu, saat pengunjung mengetikan kata kunci tertentu di search engine, maka dipastikan artikel kita bisa muncul dihalaman pencarian dan dibaca oleh pengunjung.

Bagaimana riset kata kunci dilakukan? Caranya bisa dengan mudah seperti dengan menggunakan beberapa aplikasi online yang tersedia seperto google keyword planner, ubbersuggest, dan juga yang lainnya. Ada beberapa jenis kata kunci yang bisa dipilih salahsatunya ada yang long tail keyword idan short tail keyword. Apa itu? Nanti kita bahas dalam artikel lainnya.

4# Pelajari Kompetitor Anda

Jaman sekarang persaingan di halaman pertama search engine ini memang cukup ketat. Maka dari itu, mau tidak mau kita harus benar-benar pandai dan cerdik dalam bersaing. ‘Jangan jadikan kompetitor anda sebagai musuh, tapi jadikanlah sebagai bahan acuan untuk anda temukan kekurangannya. Jika anda sudah bisa menemukan kekurangannya, maka dengan begitu anda bisa mendapatkan cara yang pas dan tepat untuk mengambil alih posisi mereka.

Disamping itu, ada banyak hal lain juga yang sebetulnya bisa coba kita pelajari dari kompetitor tersebut apalagi jika mereka itu lebih hebat dari. Jelas kalau dalam strategi bersaing, kita harus tahu dulu apa yang menjadi kelemahan dari kompetitor tersebut. Ada banyak hal yang sebaiknya kita pelajari sebetulnya dari mulai umur domain, backlink, artikel dan lainnya. Namun disini, kita bersaing dalam hal konten saja terlebih dahulu karena memang ternyata ini memiliki peranan penting sebagai bagian dari taktik SEO on page.

5# Prosedur Penentuan Judul Artikel

Langkah ke empat ini, anda akan belajar mengenai bagaimana cara membuat judul artikel yang bagus. Penentuan judul artikel sebaiknya jangan sembarangan apalagi jika anda ingin menulis artikel dengan standar SEO Friendly. Nah, yang menjadi pertanyaan bagaimana prosedur yang harus dilakukan untuk menentukan judul tersebut. Berikut beberapa prosedur dan tips-nya:
  • Pastikan Judul Sesuai dengan Isinya: Ini penting, jangan sampai isi dengan judul tidak ada korelasi. Jangan terlalu memaksakan, buat senatural mungkin.

  • Judul harus mengandung kata kunci: ini yang sangat penting, inti dari penempatan keyword pada artikel adalah terdapat pada judul. Pastikan judul memiliki keyword yang dihubungkan dengan kata-kata lain sehingga enak dibaca dan didengar.

  • Judul jangan terlalu panjang: Dalam penelusuran yang dilakukan oleh robot Google, jumlah kata yang bisa terbaca dalam judul tidaklah banyak. Pastikan anda tidak membuatnya terlalu banyak karena itu buruk untuk kebutuhan SEO.

  • Buat Judul yang ‘catch the reader’s attention’: Sebaiknya gunakan juga judul yang menarik perhatian pembaca sehingga mau mengklik dan membacanya. Dalam hal ini, dibutuhkan kemampuan ‘copywriting’ juga.

6# Gunakan Heading dan Sub-heading

Teknik yang bisa kita coba juga dalam penulisan artikel yang masuk dalam standar SEO itu adalah artikel yang didalamnya menggunakan teknik heading dan sub-heading. Pastikan agar artikel yang kita buat itu tidak hanya dalam bentuk sambungan beberapa paragrap. Artikel untuk blog itu bukan cerpen yang terus terhubung dalam cerita tanpa perlu ada poin-poin. Artikel blog itu haruslah yang memiliki beberapa poin-poin agar lebih jelas dan mudah untuk dipahami oleh pembaca.

Dalam menggunakan teknik heading ini, anda bisa menyisipkan kata kunci juga pada bagian heading tersebut. Namun ada juga sebagian yang mengatakan bahwa hal itu tidak perlu yang penting senatural mungkin. Tujuan heading adalah untuk memperjelas tulisan sehingga lebih terstruktur dan akan bisa dengan mudah dipahami oleh pembaca blog anda. Adapun susuna heading yang tersedia serta bisa digunakan yakni <heading 1>, <heading 2>, dan <heading 3>, Heading 1 biasanya cukup pada judul saja sedangkan untuk poin-poin penjelasan cukup pakai sum-heading 2 dan 3.

7# Penempatan Kata Kunci

Berbicara penempatan kata kunci sebetulnya, banyak beragam pandangan dalam dunia SEO tersebut. Ada yang mengatakan perlu untuk diperhatikan namun ada juga yang mengatakan tidak perlu terlalu dipikirkan. Beragam pendapat tersebut muncul mungkin berdasarkan perbedaan pengalaman masing-masing dan mereka merasakan sendiri bagaimana efek penggunaan kata kunci dengan tidak.

Namun, secara keseluruhan pada mastah SEO percaya dan sepakat kalau penempatan keyword paling bagus itu harus ditempatkan di judul serta di paragraph pertama. Penempatan di judul adalah yang paling utama, kemudian disusul dengan penempatan di paragraph pertama. Nah, untuk penempatan di bagian paragraph artikel selanjutnya bebas saja.

Berdasarkan kepercayaan yang selama ini saya yakini dan lakukan, penempatan keyword itu biasanya saya tempatkan di Judul, kalimat pertama paragraph pertama, kalimat pertama paragraph kedua dan juga di akhir artikel. Lalu untuk pengulangan keyword, saya tidak melebihan 3 kali pengulangan karena jika banyak diulang, tidak baik juga biasanya.

8# Penentuan Jumlah Kata

Kemudian mengenai jumlah kata yang direkomendasikan untuk artikel SEO friendly memang ada beragam pendapat tertentu. Tapi biasanya selama ini rekomendasi paling umum itu adalah diatas 400 kata. Artinya artikel diatas 400 kata cukup baik pengaruhnya terhadap indexing robot mesin pencari dibanding dengan yang jumlahnya dibawah itu.
Tapi, ada salah satu strategi khusus yang biasanya saya lakukan selama ini. Apa itu? Strategi khusus itu adalah dengan melihat terlebih dahulu kompetitor yang ada di halaman pertama dengan kata kunci yang akan kita bidik. Saya coba teliti bagaimana kualitas artikelnya termasuk juga berapa banyak jumlah kata yang ditulis. Dengan begitu, maka saya akan tahu apa yang harus saya lakukan salah satunya adalah dengan membuat artikel lebih banyak disbanding lawan saya itu.

Ada juga yang mengatakan kalau sebaiknya penulisan artikel yang baik itu adalah yang panjang dan juga mendalam. Kalau kita bisa menulis artikel dalam jumlah kata yang panjang serta pembahasannya mendalam, maka ini sangat bagus untuk SERP nantinya.

9# Sisipkan LSI Keyword

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menyisipkan LSI atau Laten Semantic Indexing. Apa itu LSI? Secara sederhana, lsi bisa didefinisikan sebagai sekumpulan kata-kata yang memiliki relevansi atau kemiripan dengan kata kunci yang kita bidik. LSI ini cukup bagus untuk disisipkan dalam artikel karena dipercaya bisa memberikan efek powerful untuk mendapatkan indexing organic keyword lainnya di search engine.

Lalu, bagaimana cara menyisipkan LSI tersebut? Sebaiknya memang disebar saja pada badan artikel namun sebaiknya jangan terlalu banyak karena tidak baik juga untuk proses indexing keyword artikel kita nantinya. Sisipkan saja senatural mungkin sehingga kemudian tidak terlihat dibuat-buat melainkan terjadi sebagaimana mestinya.

10# Lakukan Internal Linking

Lalu, cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan internal linking. Apa itu? Ya, internal linking adalah sebuah teknik yang bisa kita gunakan dan terapkan dalam penulisan artikel khususnya dalam kebutuhan blogging. Internal linking itu adalah sebuah upaya menghubungkan artikel-artikel yang ada dalam blog agar saling berhubungan satu sama lain.

Apa sebetulnya keuntungan dari internal linking tersebut? Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan sebetulnya. Keuntungan paling utama adalah bagus untuk SEO friendly artikel yang kita buat dan selebihnya ada beberapa yang bisa kita dapat. Dengan adanya keterhubungan artikel –artikel yang ada di dalam blog, maka diharapkan pembaca bisa membaca tulisan atau artikel lain yang ada dalam blog kita.

Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah dimana sebaiknya jangan terlalu banyak internal link yang dipasang, serta sebaiknya hubungkanlah artikel-artikel yang pembahasannya mirip atau sesuai dengan tema tulisan yang anda tulis.

11# Lakukan External Linking

Selain proses internal linking, anda juga bisa melakukan proses external linking, apa bedanya? Hal yang membedakan adalah, internal linking lebih fokus menghubungkan antara link-link artikel yang ada dalam blog, sedangkan external linking adalah upaya menghubungkan artikel kita dengan link yang berasal dari blog atau web lain.

Dalam penulisan  artikel, ini bisa menjadi salah satu upaya ‘merujuk’ beberapa informasi terpercaya untuk memperkuat artikel yang kita buat. Bagi SEO, ini cukup bagus untuk dilakukan karena dengan merujuk pada situs luar, maka artikel yang kita buat memiliki sumber yang juga membahas apa yang kita bahas. Namun sebaiknya pemilihan situs yang akan kita rujuk dan pasang external link itu bukan situs sembarangan. Pilihlah situs yang authority yang sesuai dengan tema yang akan kita bahas dalam artikel kita.

Selain itu, pastikan juga agar tidak sembarangan dan tidak terlalu banyak merujuk cukup satu atau dua link external saja dalam satu artikel.

12# Hindari Terlalu Banyak Bold

Lalu, hal yang selanjutnya harus anda lakukan adalah dengan menghindari terlalu banyak bold. Ada beberapa ahli SEO lain yang juga melarang untuk menggunakan italic juga. Tapi persepsi saya, italic boleh saja dilakukan dalam artikel. Kenapa? Ya, ini penting karena sesuai dalam aturan penulisan yang baik dan benar, kalau ada kata asing yang diserap kedalam bahasa indonesia, atau kata asing yang ditulis diandingkan dengan kata-kata dalam bahasa indonesia, maka wajib untuk dimiringkan pakai italic sebagai pembeda.

Jika harus menghindari terlalu banyak bold, saya setuju dengan hal itu karena memang cukup tidak fair dan akan dicurigai oleh robot mesin pencari jika tulisan terlalu banyak memiliki bold. Kalaupun anda akan memberikan sentuhan bold, pastikan untuk fokus pada penggunaan kata kunci saja karena memang itu adalah kuncinya sebagai penekanan dari keyword yang kita bidik.

13# Penambahan Atribut Gambar dan Video

Dalam artikel yang kita buat dan kemudian akan kita posting di blog, sebaiknya jangan hanya sebatas huruf, kata dan paragrap saja, namun juga sebaiknya menggunakan beberapa atribut tambahan (attachment) sebagai pendukung. Apa saja atribut yang bisa kita pasang? Ada beberapa tentunya namun yang paling umum biasanya menggunakan gambar/foto dan juga video.

Kenapa harus pakai penambahan atribut itu? Sebagian dari anda mungkin belum mengetahui akan alasan kenapa harus pasang attribute tersebut. Dengan memasang gambar dan video dalam post, maka ini akan memperkuat penjelasan apa yang kita deskripsikan dalam artiket tersebut. Ini bagus untuk memenuhi standar SEO karena memang akan membantu penulis juga agar bisa dengan baik memahaminya. Beberapa penelitian menunjukan bahwa ‘artikel dengan tambahan image atau video’ akan lebih mungkin untuk dibaca secara teliti dibanding yang tidak’

14# Optimasi Gambar dengan Menambahkan Attribut Alt

Penggunaan gambar memang menjadi yang paling sering dilakukan oleh banyak orang saat post artikel. Selain mudah mendapatkannya, gambar ini juga cukup bagi untuk standar SEO apalagi jika kita bisa mengoptimasinya. Salah satu optimasi yang bisa kita lakukan adalah dengan menambahkan atribut alt pada gambar atau foto tersebut.


Sebagaimana kita tahu bahwa dalam mesin pencari, filter penelusuran tidak hanya dalam bentuk konten situs secara keseluruhan atau dari segi artikel saja namun juga bisa difilter dari gambar. Setidaknya ada beberapa filter diantaranya penelusuran web, image, news, store, book dan yang lainnya. Namun yang paling sering dioptimasi ada pada bagian penelusuran web dan image. Nah, agar ketika orang mencari dari bagian image, lalu situs web anda ada dalam deteran paling atas.

15# Edit Bagian Permalink

Lalu kemudian, anda juga bisa melakukan proses editing pada bagian permalink. Editing ini dilakukan jika hanya diperlukan saja. Biasanya dilakukan kalau judul artikel terlalu panjang atau tidak sesuai dengan beberapa konsep dan teknik yang tepat dalam SEO. Sebaiknya permalink itu memiliki kata kunci dan jangan sampai kata kunci itu terpotong karena sebetulnya pada bagian permalink itu, fungsi terhadap SEO friendly artikel cukup besar.

Jika sebelumnya anda belum lama install web atau blog tersebut, maka jangan lupa untuk mengatur bagian permalink di area setting untuk platform wordpress, dan untuk blogspot ada pada bagian kanan posisi posting artikel tersebut. Pastikan dalam seting wordpress, untuk menyetting bagian permalink menjadi post%name

16# Pasang Beberapa Plugin Seo

Kini sebetulnya ada banyak pilihan aplikasi yang bisa membuat artikel yang di posting memiliki standar SEO yang bagus. Ada banyak aplikasi yang tersedia dan dalam wordpress dikenal dengan istilah plugin. Ada banyak sekali plugin yang bisa ditemui, termasuk juga plugin yang baik untuk SEO. Apa plugin yang baik? Ada banyak sebetulnya dan pilih saja yang memang banyak juga digunakan oleh blogger lain. Kalau saya sendiri biasa menggunakan Yoast SEO aja yang simpel dan mudah. Pelajari juga bagaimana cara menggunakannya agar tidak salah dalam menggunakannya.

Kebutuhan akan artikel di era internet ini cukup tinggi mengingat website dan blog hanya akan bisa menjadi sumber penghasilan kalau memiliki artikel. Percuma punya situs blog kalau tidak memiliki artikel. Artikel yang ditulis tentunya bukan artikel sembarangan melainkan harus yang bagus dan sesuai dengan standar SEO, maka cara menulis artikel seo friendly diatas bisa anda coba ikuti dan pelajari.

URL:
SyariahX adalah portal berita dan informasi seputar dunia ekonomi dan bisnis berlandaskan syariat islam. Kamu bisa mendapatkan update beragam informasi mulai dari bank, investasi, properti, asuransi, edukasi, fintech, wisata dan lainnya.

Artikel Terkait

16 Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Terbukti Berhasil
4/ 5
Oleh