Latar Belakang Munculnya Bahasa Inggris Gaul

Asep Koswara | seppidealiz
0 Pembaca

Setiap bahasa di dunia ini mengalami perkembangan atau evolusi. Perkembangan tersebut terjadi secara terus menerus mengikuti kondisi zaman. Bahasa Inggris misalnya, disamping memiliki bahasa formal dan sudah diatur dalam tata bahasa (grammar), bahasa inggris juga memiliki bahasa tidak resmi yang kerap dipakai dalam percakapan sehari-hari. Bahasa tidak resmi tersebut sering juga disebut dengan bahasa gaul atau lebih populer dengan bahasa ‘slang’.

Slang pada umumnya digunakan oleh para penutur asli di Amerika, Inggris, atau Australia. Selain itu, slang juga merupakan bahasa dialek yang sering diambil dari sebuah singkatan kalimat atau sebutan-sebutan tertentu. Hal lain yang bisa dijadikan sumber bahasa slang ini adalah majas seperti metaphor, perbandingan, dan bentuk lainnya yang bisa membentuk makna baru.

Secara tidak disadari, adanya bahasa slang ini banyak mengganti kosakata resmi yang selama ini sudah dipelajari di kamus. Bahkan, saat ini ada beberapa kosakata dan ungkapan slang yangjauh lebih populer dibandingkan dengan kosakata yang ada di kamus.

Pada umunya, slang digunakan dalam setiap aktivitas manusia. Dalam dunia perfilman misalnya, sering kita temukan, aktor menggunakan kata slang. Akan tetapi, meski demikian penggunaan ini harus sesuai dengan kondisi yakni kondisi tidak resmi. Jangan sampai menggunakan bahasa slang ini di forum formal. Anda cukup menggunakannya untuk hal yang non-formal saja seperti ketika ngobrol bersama teman-teman dekat, atau mungkin hanya sekedar update status saja.

Ada beragam alasan menggunakan slang seperti untuk bersenang-senang, sekedar berlatih dan humor, menarik hati dan simpati seseorang, menghindari ungkapan klise, memperkaya bahasa, dan yang lainnya. Apapun alasannya, ini bisa menjadi salah satu upaya dalam memperkaya bahasa khususnya bahasa inggris.

URL:
BloggerPenulis adalah tempat sharing beragam informasi seputar dunia akademis, blogging, marketing, designing, copywriting, reviewing, dan banyak dan lainnya.

Artikel Terkait

Latar Belakang Munculnya Bahasa Inggris Gaul
4/ 5
Oleh