Bisnis Internet dengan Media Toko Online

Asep Koswara | seppidealiz
0 Pembaca

Toko online saat ini menjadi salah satu media yang sedang booming di internet. Ini digunakan oleh para pembisnis online untuk menjual produk/jasa mereka. Jika dihubungkan dengan jualan nyata, toko online ini adalah ruko atau tempat untuk memajang barang yang akan kita jual. 

Di toko online, selain memajang barang, kita juga bisa memajang jasa yang kita jual juga. Salah satu keuntungan yang bisa kita dapatkan dari media toko online ini adalah biayanya yang sangat terjangkau. Coba bandingkan ketika anda menyewa ruko, pastinya uang yang  harus anda keluarkan cukup banyak bukan? Berbeda dengan toko online, anda cukup menyewa domain dan hosting saja, bahkan ada juga yang tidak bayar sama sekali atau gratis. 

Namun meski demikian jika anda ingin menggunakan media toko online untuk menjalankan sebuah bisnis, maka anda perhatikan beberapa hal yang memiliki pengaruh kuat terhadap prospek kedepannya. Sama dengan bisnis nyata, pertama anda harus menentukan terlebih dahulu produk atau jasa apa yang akan anda jual? 

Untuk mendapatkan produk/atau jasa yang tepat, tentunya anda harus melakukan research terlebih dahulu. Begitupun dengan sistem yang akan anda jalankan, apakah anda akan menjual produk anda sendiri ataukah menjual produk orang lain? Jika anda menjual produk sendiri, pastinya anda harus mempertimbangkan harga dan pengiriman, namun jika anda menjual milik orang lain, anda hanya perlu menaikan harga saja sebagai komisi untuk anda. 

Setelah mendapatkan produk atau jasa yang tepat, selanjutnya anda perlu menentukan nama dari toko online anda. Jika hanya ada satu jenis produk saja yang akan anda jual, maka sebaiknya anda menggunakan keyword yang sesuai dengan nama produk tersebut. Misalnya, anda akan menjual obat pelangsing; maka pilihlah nama domain sesuai seperti pelangsingalami.com, obatpelangsingmurah.com dan lainnya. 

Itu penting karena akan berpengaruh pada ranking anda nanti di search engine. Dengan begitu, nanti toko online anda akan banyak dikunjungi oleh banyak orang. Namun kebanyakan mendapatkan kendala dari bagaimana caranya mendatangkan pengunjung, dan SEO adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan. Jika tidak bisa, maka anda bisa membeli beberapa jasa SEO yang ditawarkan oleh para expert-nya. 

Memang salah satu hal yang perlu diketahui dalam berjualan dengan menggunakan media toko online adalah menguasai tekni SEO. Dalam teknik ini anda diajarkan bagaimana agar anda mendapatkan pengunjung yang banyak. Ini penting karena percuma punya web toko online yang bagus dan mahal jika pengunjungnya sedikit. 

Dengan mendapatkan pengunjung atau trafik yang berlimpah, maka kemungkinan untuk barang yang anda jual itu laku banyak bisa sangat mungkin untuk didapatkan. 

Jika perlu buatlah toko online yang menarik dan profesional. Dan sebaiknya hindari toko online yang gratisan karena ini akan dianggap scam oleh beberapa calon pembeli. Dengan memiliki toko online profesional, itu artinya anda sudah berkorban untuk membangun kepercayaan pelanggan.


URL:
SyariahX adalah portal berita dan informasi seputar dunia ekonomi dan bisnis berlandaskan syariat islam. Kamu bisa mendapatkan update beragam informasi mulai dari bank, investasi, properti, asuransi, edukasi, fintech, wisata dan lainnya.

Artikel Terkait

Bisnis Internet dengan Media Toko Online
4/ 5
Oleh